Home / Kesehatan / Kenali Usia Ideal Untuk Hamil

Kenali Usia Ideal Untuk Hamil

Kenali Usia Ideal Untuk Hamil – Membicarakan usia dikalangan wanita, selain masalah usia yang tepat untuk menikah agar tidak disebut menikah muda ataupun terlalu lambat menikah juga Usia Ideal Untuk Hamil menjadi topik yang menarik dan penting diperhatikan oleh wanita-wanita yang sudah berencana mengakhiri masa lajang serta merencanakan kehamilan.

Kenali Usia Ideal Untuk Hamil

Usia ideal untuk menikah bagi kaum laki-laki adalah usia 25 tahun sedangkan untuk kaum hawa adalah 21 tahun. Usia menikah yang ideal ini pulalah yang menjadi salah satu pertimbangan usia yang tepat untuk hamil.

Kita ketahui sendiri saat ini banyak generasi-generasi muda yang memutuskan menikah diusia muda. Pernikahan diusia muda ternyata tidak dianjurkan oleh beberapa ahli kesehatan maupun ahli psikologi.

Hamil Di Usia Muda

Hal ini disebabkan menikah diusia muda, secara psikis masih belum ada kesiapan yang mantap untuk menjalani keseharian sebagai seorang istri. Selain secara psikis yang belum mencapai usia yang ideal untuk hamil, juga pertimbangan yang akan dialami ibu maupun bayi. Dimana kehamilan di usia dibawah 20 tahun ini beresiko lahirnya bayi prematur dan mengalami gangguan kesehatan.

Resiko mengalami tekanan darah tinggi, berat badan bayi yang rendah , dan rasa kecemasan yang dialami oleh ibu pasca melahirkan. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi depresi tertentu akibat belum mencapai usia yang baik untuk hamil. Usia ibu dibawah 20 tahun disarankan untuk belum hamil terlebih dahulu mengingat sangat kurang pas dengan kondisi psikologi dan kesehatan.

Hamil Di Usia Ideal

Usia yang ideal untuk hamil adalah kisaran usia 21 hingga 35 tahun. Pada usia ibu akan mengalami resiko gangguan kesehatan yang kecil. Dari segi tingkat kematangan baik reproduksi, emosional dan aspek pendukung yang lainnya pada jenjang usia ini termasuk usia yang baik untuk memiliki momongan. Secara lebih spesifik lagi beberapa ahli lebih menganjurkan untuk hamil pada usia 25- 30 tahun.

Sebab kita ketahui sendiri pada usia awal 20 tahunan, para wanita biasanya lebih aktif dan produktif dalam berkarir dan bekerja. Sehingga ditakutkan memiliki momongan di usia ini kurang maksimal dalam hal pengasuhan maupun pemberian ASI. Selain itu, kenapa usia 25 tahun keatas menjadi usia yang ideal untuk hamil.

Sedangkan masa kesuburan puncak wanita adalah usia 21 hingga 24 tahun, karena pada usia ini masih belum merencanakan untuk menikah.

Hamil Usia Produktif

Usia 25 hingga 35 tahun menjadi usia produktif untuk hamil menurut beberapa ahli. Setelah usia 35 tahun wanita akan mengalami penurunan kesuburan sehingga tidak dianjurkan untuk hamil. Namun tidak lantas melarang Anda untuk hamil diusia ini.

Memang benar, usia yang ideal untuk hamil adalah 25-35 tahun. Jika Anda memang masih diberikan kepercayaan untuk hamil diusia 40 tahun, maka selama dokter masih memberikan anjuran baik, Anda tetap harus menjalaninya dengan baik pula.

Namun dalam hal kesehatan serta aktifitas Anda harus benar-benar diperhatikan. Hal ini disebabkan beberapa resiko yang dapat dialami seperti darah tinggi, diabetes, resiko persalinan secara Caesar, dan yang paling fatal adalah kematian.

Beberapa resiko tadi adalah yang dialami oleh ibu, sedangkan terdapat pula resiko yang dialami saat proses kehamilan seperti resiko mengalami keguguran, kelainan pada bayi serta kematian dari si kecil saat dilahirkan. Resiko-resiko inilah yang mendasari usia 35 tahun keatas tidak termasuk dalam Usia yang Ideal Untuk Hamil.

Menjalani proses kehamilan memang sangat menarik bagi kaum wanita, menjadi salah satu tingkatan menuju kesempurnaan lahirnya wanita-wanita di dunia ini, sehingga harus direncanakan dengan baik.

Kasus-kasus yang banyak terjadi seperti kehamilan diusia dini baiknya dihindari bahkan segera ditinggalkan, capailah Usia Ideal Untuk Hamil agar baik untuk ibu dan untuk bayi. Juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan kesehatan pada saat kehaminal bisa dengan senam untuk ibu hamil.

Selain itu diusia ini ibu dan ayah akan lebih matang dari segi psikologi dan mental. Terlebih lagi bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan pertamanya. info diatas bukan bermaksud menakut-nakuti, namun hanya sebagai informasi yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Check Also

mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur di Pagi Hari?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah tertularnya banyak virus termasuk Coronavirus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *