Home / Blog / Tips Perawatan Laptop, Menstabilkan Kinerja!

Tips Perawatan Laptop, Menstabilkan Kinerja!

Tips Perawatan Laptop, Menstabilkan Kinerja! Sangat penting bahwa Anda merawat laptop agar tetap bekerja dengan baik. Mengikuti langkah-langkah mudah ini akan memastikan bahwa laptop bertahan lebih lama dengan begitu membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Tips Perawatan Laptop
Tips Perawatan Laptop

Sebagai bonus tambahan, banyak langkah juga akan menjaga kecepatan laptop Anda. Hal ini juga berguna untuk melakukan pemeriksaan laptop sesekali. Untuk menghilangkan kesalahan atau masalah yang mungkin merayapi selama penggunaan rutin. Inilah tips perawatan laptop dengan tepat yang perlu anda ketahui.

Jauhkan cairan dari laptop Anda. Meskipun menggoda untuk minum kopi, soda, air atau cairan lain di dekat laptop, kecelakaan bisa terjadi dengan sangat mudah. Sebagai alternatif, gunakan cangkir dengan penutup di atasnya, sehingga meskipun tumpah, cairan tidak mengalir ke mana-mana.

Cairan yang tumpah dapat merusak komponen mikroelektronika internal atau menyebabkan kerusakan listrik. Sirkuit pendek dapat merusak data atau bahkan secara permanen menghancurkan beberapa bagian laptop. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman dari laptop.

Memiliki perangkat lunak antivirus tersedia adalah pertahanan terbaik melawan virus. Bahkan jika Anda tahu apa yang diunduh, itu masih bisa mengandung virus. Jika Anda memilih untuk tidak memiliki perangkat lunak antivirus, berisiko terhadap kesalahan sirkuit atau masalah perangkat lunak di sistem. Virus juga dapat memperlambat operasi dan kinerja sistem.

Jauhkan makanan dari laptop. Jangan memakan di depan laptop, remah-remah itu bisa jatuh di antara tombol dan memberikan undangan untuk bug kecil atau merusak sirkuit. Lebih buruk lagi, laptop akan terlihat kotor jika ada remah-remah di atasnya.

Jangan gunakan laptop di ruangan tempat binatang berada. Bulu binatang dapat masuk ke pekerjaan internal dan merusak. Juga hewan yang lebih besar (misalnya anjing) dapat secara tidak sengaja merusak dengan menjatuhkan bulunya, mengibas-ngibaskan ekornya.

Selalu miliki tangan yang bersih saat menggunakan laptop. Tangan yang bersih membuatnya lebih mudah untuk menggunakan touchpad laptop dan akan ada sedikit risiko meninggalkan kotoran dan noda lain di komputer.

Selain itu, jika Anda membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop, akan mengurangi kerusakan pada lapisan yang disebabkan oleh kontak dengan keringat. Dan partikel kecil yang dapat bekerja pada bagian luar laptop.

Bagaimana Tips Perawatan laptop untuk Menstabilkan Kinerja?

Lindungi monitor layar LCD. Saat Anda menutup laptop, pastikan tidak ada benda kecil, seperti pensil atau telepon telinga kecil, di keyboard. Ini dapat merusak tampilan layar jika laptop dimatikan, layar akan tergores jika itemnya kasar. Tutup dengan lembut dan pegang di tengah. Menutup tutupnya dengan hanya menggunakan satu sisi menyebabkan tekanan pada engsel itu, dan seiring waktu dapat menyebabkannya bengkok dan patah.

Jangan biarkan laptop mengalami perubahan suhu yang cepat. Saat membawa laptop di dalam ruangan selama musim dingin, jangan langsung nyalakan. Sebagai gantinya, biarkan hangat sampai suhu kamar terlebih dahulu. Ini akan menghindari potensi kerusakan pada drive disk dari kondensasi yang terbentuk di dalam mesin. Hindari panas dari sinar matahari juga.

Gunakan dan simpan laptop Anda di area yang berventilasi baik. Saat Anda menggunakan laptop, lakukan di tempat yang memiliki sirkulasi udara konstan. Banyak orang merusak laptop mereka dengan menggunakannya di area tertutup dan dengan demikian menyebabkan laptop terlalu panas.

Usahakan laptop berada di permukaan yang rata dan bersih. Ini mencegah kerusakan pada laptop. Ini bisa sulit dilakukan, terutama jika Anda berada di luar dengan laptop, tetapi jika ada permukaan datar yang tersedia maka letakkan laptop di atasnya. Inilah beberapa tips yang bermanfaat bisa anda terapkan dari sekarang. Selamat mencoba.

About contributor

Check Also

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan!

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan! Jika Anda bertanya-tanya, tomat secara teknis adalah buah, karena mengandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *