Home / Kesehatan / Gerakan dan Macam-macam Push Up Wanita

Gerakan dan Macam-macam Push Up Wanita

Push up sering diidentikkan dengan olahraga yang sering dilakukan oleh laki-laki. Sebagai salah satu jenis olahraga yang universal, gerakan push up bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh wanita.

Ada banyak studi kesehatan yang dilakukan bahwa wanita yang sering melakukan push up memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik. Gerakan push up membantu wanita dalam membentuk dan memegangi berat badan. Untuk Anda yang berencana melakukan program push up, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memulainya. 

Manfaat Push Up Wanita dan Contoh Gerakan Push Up

Karena banyaknya wanita yang menganggap bahwa push up merupakan salah satu jenis olahraga yang hanya dilakukan oleh laki-laki sehingga banyak wanita yang tidak melakukannya. Padahal, banyak manfaat yang didapat jika wanita melakukan push up. Sebelum anda melakukan push up, wajib bagi anda untuk mengetahui apa saja manfaat melakukan push up wanita. 

Manfaat Push Up Wanita

  • Otot kaki dan lengan menjadi kuat.

Ini merupakan salah satu manfaat yang didapat jika anda rutin melakukan push up. Wanita yang sering melakukan push up secara rutin akan memiliki otot lengan dan otot kaki yang kuat. Otot kaki dan lengan yang kuat mampu membuat anda lebih enerjik sehingga tubuh tidak mudah lelah ketika anda melakukan aktivitas sehari-hari. 

  • Berat badan turun.

Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang efektif dalam melawan berat badan yang anda miliki. Gerakan push up membantu tubuh anda dalam membakar lemak, terutama lemak yang bersarang di bagian perut, pinggul, pinggang dan bokong. Bila anda rutin melakukan push up, tubuh ideal bukan lagi sebuah impian. 

  • Membantu menjaga kesehatan jantung.

Sudah terbukti secara ilmiah bahwa melakukan push up memiliki efek yang baik untuk kesehatan anda. Tidak peduli apakah anda pria atau wanita, jika anda melakukan push up secara rutin maka jantung anda akan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan wanita yang jarang atau tidak pernah melakukan push up.

  • Menjaga kesehatan mental.

Sering melakukan push up sangat penting bagu wanita karena push up membantu wanita dalam memproduksi hormon yang mampu membantu mengurangi stres. Tubuh secara tidak langsung akan memproduksi hormon yang membuat sensasi bahagia dan mengurangi dampak stres sehingga tingkat stress akan berkurang drastis. 

Contoh Gerakan Push up bagi Wanita

  • Push Up Klasik

Push up klasik disebut juga gerakan push up wanita. Push up klasik merupakan gerakan dasar yang bisa dilakukan oleh Anda jika Anda merupakan seorang yang benar-benar pemula dalam melakukan push up.

Push Up Wanita

Sejatinya, terdapat perbedaan antara push up klasik versi wanita dan versi pria. Push up klasik pada pria memiliki tumpuan beban tubuh yang terletak pada ujung kaki sedangkan push up klasik versi wanita memiliki tumpuan beban tubuh pada lutut. 

Push up klasik pada pria memiliki posisi tubuh yang lurus dari ujung kaki sampai ujung kepala sedangkan bagi wanita, push up klasik tidak lurus. Anda harus menekuk lutut sehingga tumpuan ada di lutut tersebut. Gerakan ini membantu anda dalam membangun massa otot dan membantu wanita dalam melawan penyakit penurunan kekuatan dan massa otot (sarcopenia). 

  • Sphnix 

Gerakan ini merupakan gerakan yang menyerupai patung Sphinx. Posisikan tubuh Anda seperti akan melakukan push up klasik. Rentangkan dan sejajarkan telapak tangan anda dengan bahu anda. Kemudian secara perlahan lakukan gerakan push up.

Namun, pada saat lengan anda menekuk, ubah posisi anda menjadi seperti patung Sphinx. Gerakan push up sphinx memiliki beberapa manfaat bagi tubuh anda, di antaranya adalah membantu membentuk dan mengencangkan otot lengan, otot pinggang dan otot perut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus melakukan push up secara rutin. 

  • Triangle 

Gerakan push up selanjutnya adalah gerakan triangle push up. Gerakan ini sebenarnya umum dilakukan oleh pria maupun wanita. Gerakan ini memungkinkan untuk membesarkan massa otot pada bagian trisep dan bisep. Untuk melakukan gerakan push up ini, posisikan tubuh anda seperti akan melakukan push up klasik.

Kemudian, sejajarkan dan dekatkan telapak tangan anda hingga posisi ibu jari dari kedua telapak tangan menyatu. Selanjutnya, dekatkan juga telunjuk dari kedua telapak tangan sehingga telunjuk dan ibu jari membentuk segitiga. Setelah posisi sudah nyaman, mulailah melakukan gerakan push up. Lakukan secara perlahan jika memang masih sulit dilakukan. 

  • Gerakan Pilates

Gerakan selanjutnya adalah pilates push up. Gerakan ini agak sedikit berbeda dengan gerakan push up klasik. Gerakan ini diawali dengan posisi berdiri. Kemudian, secara perlahan anda harus membungkuk hingga tangan anda menyentuh ujung kaki.

Setelah berhasil membungkuk, tunggu beberapa saat hingga sendi dan otot tubuh anda mampu beradaptasi. Kemudian, merangkaklah secara perlahan hingga posisi tubuh anda seperti akan melakukan push up klasik namun dengan lengan tidak ditekuk melainkan lurus. Selanjutnya, tahan beberapa saat. Selama anda menahan, otot lengan, otot perut dan otot kaki akan bekerja untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Langkah selanjutnya adalah anda melakukan gerakan push up klasik secara perlahan namun tidak sampai menyentuh lantai. Lakukan gerakan push up hanya sebatas beberapa sentimeter saja. Lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali. Idealnya, push up dilakukan sebanyak 15 kali.

Jika sudah, tubuh anda merangkak mundur seperti posisi semula ketika membungkuk dan menyentuh ujung kaki. Kemudian, secara perlahan tegakkan tubuh anda. Lakukan gerakan push up pilates dalam beberapa repetisi. 

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *