Home / Teknologi / Perkembangan AI (Artificial Intelligence) Keuntungan dan kekutangannya

Perkembangan AI (Artificial Intelligence) Keuntungan dan kekutangannya

Perkembangan AI (Artificial Intelligence) Keuntungan dan kekutangannya. AI (Artificial Intelligence) atau yang disebut kecerdasan buatan merupakan suatu program atau usaha yang dapat membantu perkembangan teknologi, seperti halnya yang banyak dipakai saat ini, contoh kecil seperti penggunaan aplikasi Google Asisten yang dapat mengerti dan menjawab pertanyaan, atau yang terdapat pada aplikasi FaceApp yang saat ini marak digunakan oleh pengguna smartphpne.

Perkembangan AI (Artificial Intelligence)
Perkembangan AI (Artificial Intelligence)

Banyak saat ini perusahaan teknologi mengembangkan kecerdasan buatan ini, termasuk perusahaan Google yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia juga meningkatkan Perkembangan AI (Artificial Intelligence). Karena AI (Artificial Intelligence) dianggap dapat sangat diperlukan dimasa depan untk membantu berbagai bidang keilmuan, teknologi, telokomonikasi dan lain sebagainya.

Saat ini kecerdasan buatan telah digunakan dalam beberapa bidang, seperti:

Bidang Pertahanan Dan Keamanan

Dunia militer juga sudah menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk membantu eningkatkan pertahanan dan keamanan Negara, seperti hanya kendaraan, robot, senjata yang saat ini menggunakan teknolgi kecerdasan buatan, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko yang dapat membahayakan nyawa prajurit.

Bagaimana Peningkatan Dalam Perkembangan AI (Artificial Intelligence)?

Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan juga tidak luput dari penggunaan AI (Artificial Intelligence), seperti halnya saat mencari soal kata kunci pada google, penggunaan internet dan sebagainya, seperti halnya eLearning yang di gunakan pada metode pembelajaran saat ini, yang diyakini dapat membantu sistem pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan dalam memberikan pengertian dan penjelasan pada murid.

Bidang Perfilman

Dalam bidang perfilman saat ini juga sudah menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk mempermudah proses penyutingan, seperti halnya membantu dalam pengambilan gambar dan pengaturan pada suara.

Dalam bidang Gamers

Saat ini game tidak hanya menggunakan program-program sederhana dalam aplikasinya, melainkan sudah menggunakan AI (Artificial Intelligence) pada sebagian programnya, seperti pada game PUBG, Mass Effect, dan sejenisnya, pada semua karakter yang dimiliki game ini telah menggunakan AI (Artificial Intelligence) dalam permainannya.

Bidang Industri

Sudah tidak asing lagi jika bahwasanya bidang industry menggunakan AI (Artificial Intelligence) dalam empermudah segala pekerjaannya, seperti halnya penggunaan robot dalam pembuatan kendaraan, seperti merangkai mesin, pengecetan body kendaraan dan lain sebagainya, namun dibalik itu banyak muncul berita, bahwasanya penggunaan robot dalam suatu perusahaan akan menggantikan peran manusia dalam pekerjaan, sehingga akan menyebabkan banyak tenaga kerja kehilangan pekerjaannya.

AI (Artificial Intelligence) juga pernah dikatakan akan memiliki kecerdasan layaknya manusia bahkan akan dapat memiliki kecerdasan yang melebihi manusia, namun yang namnya buatan manusia AI (Artificial Intelligence) juga aka memiiki kelebihan dan kekurangan, karena tidak mungkin dimuka bumi ini sesuatu yang tidak memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan AI (Artificial Intelligence) yang dapat Anda ketahui:

KELEBIHAN

  • Dapat digunakan tanpa batas waktu, karena AI (Artificial Intelligence) tidak memiliki rasa capek
  • Pekerjaan cepat dan akurat, karena menggunakan sisten digital
  • Sifatnya tidak akan berubah, selama program tidak dirubah
  • Dapat memecahkan masalah dengan kompleks
  • Dapat mengingat dan enyimpan informasi yang dibutuhkan
  • Dapat menduplikasi kempuan yang dimiliki sesuai keperluan
  • Dapat mengetri informasi yang diberikan

KEKURANGAN

  • Kecerdasan monoton, tergantung apa yang ada pada program
  • Tidak dapat mengembangkan pengetahuan, karena sistem memperlajrari sesuatu masih dalam pengembangan
  • Tidak dapat mengerti pada instruksi yang tidak pernah di inputkan dalam program.

Dari ulasan tentang Perkembangan AI (Artificial Intelligence) diatas semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.!!

About contributor

Check Also

Spesifikasi Vivo V15

Review Lengkap Inovasi pada Spesifikasi Vivo V15

Review Lengkap Inovasi pada Spesifikasi Vivo V15. Inovasi pada setiap teknologi sepertinya sudah menjadi keharusan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *