Home / Blog / Mengisi Baterai Ponsel Dengan Tepat!

Mengisi Baterai Ponsel Dengan Tepat!

Mengisi Baterai Ponsel Dengan Tepat! Sebagian besar ponsel cerdas modern cukup pintar untuk berhenti mengisi daya saat penuh, sehingga tidak ada risiko besar untuk membiarkan ponsel Anda terisi daya semalaman. Jika Anda membiarkannya terpasang dalam waktu yang lama, melepas kasing dapat mencegahnya menjadi terlalu panas.

Menigisi Baterai Ponsel
Menigisi Baterai Ponsel

Tetapi hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa saat mengisi baterai ponsel memang menurun seiring waktu, yang berarti mereka semakin tidak mampu memegang jumlah daya yang sama. Sementara mereka harus memiliki masa bertahan antara tiga dan lima tahun, atau antara 500- dan 1000 siklus pengisian, baterai ponsel bertahan selama lima tahun. Dan tidak akan terus berjalan selama baterai baru.

Aturan utamanya adalah menjaga baterai Anda tetap berada di suatu tempat antara 50- dan 90% sebagian besar waktu. Jadi tambahkan ketika turun di bawah 50%, tetapi cabut sebelum mencapai 100%. Karena alasan ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkannya terpasang dalam semalam.

Memberi daya baterai penuh pada ponsel Anda tidak berakibat fatal bagi baterai ponsel, dan tampaknya hampir tidak intuitif untuk tidak melakukannya. Tetapi mengisi ulang daya secara penuh setiap kali Anda mengisi daya akan mempersingkat masa pakainya.

Demikian juga, di ujung skala yang lain, hindari membiarkan baterai ponsel Anda mencapai di bawah 20%. Haruskah saya mengisi baterai ponsel saya hingga 100%? Tidak, atau setidaknya tidak setiap kali Anda mengisi daya. Para ahli merekomendasikan agar Anda mengisi ulang baterai nol hingga 100 persen penuh (“siklus pengisian”) sebulan sekali.

Apakah pengisian cepat akan merusak ponsel saya? Sebagian besar ponsel cerdas baru mendukung pengisian cepat, namun sering kali disertai pengisi daya yang lebih rendah. Ponsel ini memiliki kode khusus yang biasanya terletak di dalam chip yang dikenal sebagai IC Manajemen Daya (PMIC) yang berkomunikasi dengan pengisi daya yang Anda gunakan dan meminta agar ia mengirimkan daya pada tegangan yang lebih tinggi.

Bagaimana Mengisi Baterai Ponsel Dengan Tepat?

Pengisian tidak sampai 100% tidak akan merusak ponsel Anda, tetapi pengisian daya yang terus-menerus dan berkepanjangan mungkin berarti baterai tidak bertahan selama Anda menggunakan pengisi daya yang lebih lambat. Jadi, Anda harus menyeimbangkan keuntungan pengisian lebih cepat dengan kenyamanan pengisian ponsel Anda.

Saat Anda ingin mengisi baterai smartphone harus menggunakan charger yang asli. Tidak disarankan untuk menggunakan charger yang memiliki jenis berbeda atau tidak asli karena mengurangi kinerja pada arus ampere. Saat smartphone anda dalam keadaan di charger sebaiknya jangan dimainkan.

Tips yang juga direkomendasikan saat ponsel dalam keadaan pengisian baterai sebaiknya tidak menerangkan layar kontras kontras saat ponsel dalam keadaan menyala. Karena jika layar kontras dalam keadaan sangat terang baterai tidak akan bertahan lama.

Hal yang tidak boleh dilakukan yaitu mengisi baterai melalui laptop, lakukanlah jika dalam darurat saja. Karena saat mengisi smartpone melalui laptop akan memakan waktu lama dan bisa memperlambat kinerja smartphone.

Pilihlah baterai yang original, sebaiknya jangan menggunakan yang KW dampaknya malah bisa merusak ponsel anda. Jadi lebih baik menggunakan baterai yang original karena memiliki kualitas yang sangat terjamin.

Itulah tips mengisi baterai ponsel dengan tepat untuk menjaga agar awet dan tahan lama. Jadi jangan dilakukan lagi hal-hal yang bisa merusak ponsel anda. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About contributor

Check Also

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan!

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan! Jika Anda bertanya-tanya, tomat secara teknis adalah buah, karena mengandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *