Home / Kesehatan / Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur di Pagi Hari?

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur di Pagi Hari?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah tertularnya banyak virus termasuk Coronavirus (COVID-19) yang sedang mewabah saat ini. Selain menjaga pola makan dan hidup sehat, berjemur di bawah sinar matahari dipercaya bisa menjaga kekebalan tubuh. Lantas, mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari?

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr. Madarina Julia, Sp. A (K), MPH., Ph.D., mengatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Sinar matahari ini adalah sumber utama vitamin D alami yang konon sangat sedikit yang berasal dari makanan.

Sistem kekebalan ini adalah pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Sementara itu, jika tubuh kekurangan vitamin D, maka hal ini akan dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terhadap virus atau bakteri.

mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berjemur di Pagi Hari?

Waktu berjemur yang memadai dan paling baik adalah ketika bayangan tubuh lebih pendek dari ketinggian, sementara rentan waktu berjemur yang disarankan adalah sekitar 10 hingga 15 menit. Waktu ini bisa dimulai dari jam 10:00 hingga 15:00 dan jangan dilakukan lebih awal karena paparan sinar matahari tidak akan cukup dan akan cenderung membahayakan.

Selain itu, di pagi hari, suasana udara sedikit tidak tepat terutama di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi. Banyak polutan seperti logam berat masih terkonsentrasi dekat dengan permukaan yang mencemari udara di pagi hari.

Sangat direkomendasikan agar kulit langsung terkena sinar matahari. Penggunaan topi, tabir surya, dan pakaian akan menghalangi paparan sinar matahari ke permukaan yang pada akhirnya tidak akan menjawab kebutuhan akan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari.

Manfaat Kesehatan Berjemur di Pagi Hari

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang manfaat dari berjemur di pagi hari, kita akan terlebih dahulu berbicara tentang bahaya paparan sinar matahari. Harus diakui memang bahwa ada beberapa bahaya paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) yang terlalu banyak akan menjadi sangat berbahaya. Anda akan mungkin mendapatkan melanoma atau kanker kulit jika tidak berhati-hati.

Meski begitu, sinar matahari yang sama ini adalah kebutuhan untuk kesehatan yang baik. Seperti lirik lagu dang dut yang terkenal: “yang sedang-sedang saja” maka berjemur di bawah matahari juga tidak terkecuali.

Dalam jumlah yang moderat, terkena sinar matahari secara teratur — terutama setiap hari — dapat memiliki banyak manfaat dan sangat besar pada beberapa aspek mengejutkan bagi kesehatan. Temuan ilmiah telah menyatakan bahwa: sinar matahari, dalam dosis yang benar adalah sangat baik untuk kesehatan.

Terlebih lagi, sains mulai menyadari, bagaimanapun, bahwa sinar matahari pagi mungkin adalah yang terbaik dari semuanya, terutama dalam hal untuk memperbaiki suasana hati dan perasaan. Faktor inilah yang menjadi jawaban lain dari pertanyaan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari.

Tetapi akan sulit untuk menerima hal ini karena pasti ada yang akan bertanya-tanya: “kok bisa matahari pagi beda dengan mata hari siang atau sore?”  untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu merujuk pada riset dari Dr. Jack Kruse, seorang ahli bedah saraf terkenal.

Dalam risetnya, Jack Kruse menyatakan bahwa kombinasi [ultraviolet] dan [inframerah] dari cahaya matahari dapat mengurangi peradangan. Fakta bahwa cahaya [UV] menginduksi respons opiat yang kecil memberi jawaban penting akan pertanyaan di atas.

Selain itu, inframerah membantu meningkatkan penyerapan sinar UV dengan cara yang sehat. Hal inilah yang membuat perbedaan antara berjemur di pagi hari dan wakt-waktu lainnya.

Riset di tahun 2011 juga mereferensikan studi pada tikus yang menunjukkan bahwa tumor dan melanoma akan lebih kecil peluangnya untuk berkembang ketika paparan UV terjadi di pagi hari.

Terlebih lagi, sebuah penelitian tahun 2008 yang dirujuk pada tahun 2014 mengatakan bahwa orang yang terpapar lebih banyak cahaya biru (lebih dekat ke sinar UV) di pagi hari memiliki waktu yang lebih mudah untuk tidur (dan memiliki periode tidur yang lebih nyenyak) dibandingkan dengan mereka yang terpapar periode sinar UV di kemudian hari.

Bagaimana Paparan Sinar Matahari Pagi Dapat Membantu Kesehatan Tubuh?

Ketika kulit Anda terkena sinar matahari, ada banyak hal-hal menakjubkan yang sebenarnya sedang terjadi. Pigmen di kulit Anda, yang disebut melanin akan menyerap sinar UV dari sinar matahari. 

Serapan ini akan disimpan, diproses menjadi senyawa seperti hormon baru oleh hati, dan kemudian digunakan untuk fungsi tubuh yang penting nantinya. Beberapa fungsi ini adalah:

Memproduksi Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu fungsi terpenting dari paparan sinar matahari. Faktanya, produksi vitamin D adalah manfaat terbesar kesehatan paparan sinar matahari secara keseluruhan dan salah satu jawaban utama untuk pertanyaan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, walaupun Anda bisa mendapatkan vitamin vital ini dari makanan seperti daging, jamur, susu, biji-bijian, dan suplemen, apa yang Anda dapatkan sangatlah kecil dibandingkan dengan yang didapatkan dari paparan sinar matahari.

Kulit yang terkena sinar matahari juga akan menghasilkan analog vitamin D: vitamin D₃ yang jauh lebih efektif. Versi vitamin D ini memiliki efek yang jauh lebih luas pada tubuh, termasuk:

  • Mempromosikan penyerapan kalsium
  • Memperkuat tulang
  • Memodulasi peradangan kronis
  • Memperkuat kekebalan tubuh
  • … dan masih banyak lagi.

Itu tidak berarti bahwa vitamin D₂ — bentuk lain dari vitamin D yang hanya ditemukan dalam makanan — tidak memiliki manfaat yang sama namun, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang cukup hanya dengan konsumsi makanan saja.

Mengurangi Peluang Terkena Kanker

Paparan sinar matahari sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa terlalu sedikit paparan cahaya matahari juga bisa menjadi masalah.

Sebuah review di tahun 2008 tentang manfaat sinar matahari untuk kesehatan manusia mencatat dua studi yang menunjukkan bahwa paparan vitamin D yang memadai akan dapat membantu mengurangi risiko kanker. 

Meskipun menghindari terlalu banyak paparan sinar matahari dapat menjauhkan diri dari kanker kulit, namun berjemur dalam periode 10 hingga 15 menit di di pagi hari juga penting untuk pencegahan kanker.

Ada banyak jawaban logis dan terbukti secara sains yang bisa menjawab pertanyaan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari dan dalam periode kritis seperti saat ini, semua tindakan pencegahan adalah langkah positif.

Singkatnya, berjemur di sinar matahari pada pagi hari tidak hanya efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa paparan sinar matahari yang cukup dapat menyebabkan virus lebih sulit bertahan hidup karena cuaca yang panas.

Terakhir, agar periode berjemur di pagi hari tidak terlalu membosankan cobalah untuk menggabungkannya dengan kegiatan lain seperti berkebun, mengangkat tali jemuran, dan beberapa aktifitas lainnya yang bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Semoga sehat selalu!

Check Also

cara membentuk otot dada

Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Perlu Ke Gym, Mudah dan Murah!

Bagi kebanyakan pria, latihan kebugaran otot dada merupakan hal yang penting. Karena dada yang bidang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *