Home / Kesehatan / Memilih Model Kaca Mata Minus yang Sesuai

Memilih Model Kaca Mata Minus yang Sesuai

Selama ini ada banyak teori cara memilih model kaca mata minus. Kebanyakan adalah menyarankan untuk memilih dengan menyesuaikan bentuk wajah. Ada pula yang menambahkan, bahwa selain memilih sesuai bentuk muka, ada baiknya untuk juga mempertimbangkan warna kulit.

Tapi apakah semua teori tersebut benar-benar efektif untuk diterapkan? Ataukah ada teori lain yang lebih sederhana untuk dipraktekkan?

Mitos dan Fakta Seputar Model Kaca Mata Minus

Banyak sekali mitos dan fakta seputar model kacamata apalagi dengan kaca mata minus, manakah yang menurut anda benar dan masuk akal? simak beberapa fakta terkait memilih kaca mata untuk mata minus.

Pahami Bentuk wajah Anda Sebelum Memilih Model

Faktanya, semua itu adalah teori bentukan media. Majalah, internet dan gaya hidup dipenuhi dengan pedoman yang sebenarnya tidak banyak membantu ini.

Model Kaca Mata Minus

Padahal, dalam kenyataannya, tidak ada orang yang benar-benar menerapkannya. Pilihan tersebut sangatlah terbuka. Jadi lebih baik untuk mempertimbangkan dua hingga tiga kemungkinan. Sebab, ada kalanya model kacamata untuk wajah oval bisa masuk ke wajah bulat dan sebagainya.

Satu Ukuran Cocok Untuk Semua

Dalam industri kacamata, semua kacamata minus, plus maupun dan kacamata fashion diproduksi secara massal dalam jumlah ribuan. Dan faktanya, kacamata tersebut dibuat berdasarkan model kaca mata minus yang dipakai oleh satu orang.

Satu Ukuran Cocok Untuk Semua

Walaupun ada variasi seperti Asian Fit, tetapi tetap saja model yang memakainya sebagai cetak biru adalah satu orang. Jadi tidak benar bahwa satu kacamata akan cocok untuk semua orang yang tentunya berbeda karakter wajah.

Semua Kacamata Memang Tidak Nyaman Dipakai

Alasan kebanyakan orang enggan menggunakan kacamata adalah alasan ketidaknyamanan, dan hal tersebut dibenarkan oleh banyak orang dan kemudian dicap sebagai fakta.

Padahal, pada kenyataannya, ada banyak orang yang nyaman menggunakan kacamata, padahal itu adalah kacamata pertama mereka. Jadi, apa yang salah?

Semua Kacamata Memang Tidak Nyaman Dipakai

Sederhana saja. Alasan kacamata Anda tidak nyaman adalah karena kacamata itu tidak cocok untuk Anda. Ini juga penyebab kacamata meluncur ke bawah hidung, bingkainya menyakiti telinga, membuat sakit kepala, menyentuh bulu mata dan segudang alasan lainnya.

Tentukan Gaya Anda

Kenali Tampilan Wajah

Daripada sekadar memilih berdasarkan bentuk wajah saja, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan kepribadian Anda. Coba tanyakan pada diri Anda, Apakah Anda memiliki fitur wajah yang tajam, memiliki sudut, lembut atau bulat?

Saat memilih bingkai, aturan praktis yang baik adalah memilih kebalikan dari fitur wajah Anda. Misalnya, wajah persegi atau bersudut akan tampak keren dalam balutan bingkai bundar.

Model Kaca Mata Minus

Sedangkan wajah bundar dan fitur yang lebih lembut, seperti oval, akan sangat pas jika memilih bentuk bingkai persegi. Memilih bentuk yang kontras akan membuat bentuk wajah Anda lebih seimbang.

Lakukan Kebalikan

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah bagian atas wajah Anda lebih lebar, atau bagian bawah yang lebih lebar?

Seperti bentuk oval vs kotak, kontras juga penting ketika mengevaluasi bagian atas dan bawah wajah Anda. Jika bagian atas wajah Anda lebih lebar dari bagian bawah, pilihlah kebalikannya untuk bingkai kacamata Anda. Lakukan pula berlaku sebaliknya.

Tentukan Kepribadian Anda

Dalam menentukan gaya, maka Anda juga harus menanyakan pada diri Anda sebenarnya tampilan seperti apa yang ingin Anda munculkan? Bisa saja Anda adalah orang yang bersahaja, yang selalu mengikuti aturan dan Teori.

Atau Anda adalah seorang dengan kepribadian pendobrak yang revolusioner, jadi tidak memperdulikan aturan yang ada dan menciptakan aturan Anda sendiri.

Tentukan Kepribadian Anda

Jadi, apabila Anda menginginkan tampilan yang halus atau bersahaja, ikuti saja aturan di atas. Jika Anda ingin tampilan yang lebih berani dan lebih provokatif, lupakan aturan! Lakukan saja apa yang Anda mau.

Ambil saja contoh Zooey Deschanel dan Kendall Jenner. Keduanya memiliki fitur wajah oval yang lembut, dan mereka memilih kacamata bulat, sungguh sesuai anjuran selama ini.

Berbeda dengan Justin Timberlake dan Jennifer Aniston. Keduanya memiliki wajah dengan lebih banyak fitur sudut, tetapi tidak masalah memakai model kaca mata minus berbentuk kotak bersudut.

Tentukan Ukuran Kacamata Anda

Proporsi

Kunci untuk menemukan bingkai yang sempurna maka Anda harus menyesuaikan fitur Anda sehingga proporsional dengan wajah Anda daripada menyesuaikan keseluruhan bentuk wajah Anda.

Pertimbangkan Resep Dokter

Hal pertama dan yang terpenting untuk dipahami adalah kacamata merupakan alat medis. Untuk mendapatkan penglihatan terbaik, perlu diingat bahwa beberapa bentuk dan bahan akan lebih baik daripada yang lain tergantung pada jenis resep Anda.

Makin banyak tingkat minus mata Anda, maka Anda membutuhkan bingkai yang kuat namun tidak berat. Bingkai yang berat akan menyakiti telinga Anda karena akan bertambah berat saat diisi lensa yang tebal.

Posisi Mata

Ketika memilih bingkai kacamata, pastikan bahwa bagian atas mata Anda tidak tertutupi oleh kacamata, bahkan jika kacamata Anda sedikit meluncur ketika hidung Anda berminyak atau ketika sedikit menunduk.

Posisi mata Anda antara hidung dan pelipis penting untuk dipertimbangkan. Untuk penampilan dan penempatan lensa, mata Anda harus tepat di tengah horizontal lensa dan vertikal di sepertiga teratas bingkai.

Tentukan Kepribadian Anda - Model Kaca Mata Minus

Kacamata Anda akan terlihat lebih baik jika mata Anda semakin dekat ke tengah lensa. Saat mata Anda berada di sudut dalam, hal itu bisa membuat Anda tampak juling.

Tetapi jika terlalu jauh dari lensa, maka bingkai Anda akan terlihat terlalu kecil untuk wajah Anda.

Lebar Wajah

Bingkai kacamata harus bertumpu dengan berat yang sama antara telinga dan hidung Anda. Hal ini akan mengurangi gesekan di pelipis Anda.

Kacamata akan terlihat cocok secara visual ketika lebar bingkai sama dengan lebar wajah Anda dari telinga ke telinga, dan tidak ada celah, atau hanya ada celah yang sangat kecil, antara bagian atas hidung Anda dan pangkal jembatan bingkai.

Peka Terhadap Sinyal Ketidaknyamanan

Sesuai Untuk Bentuk Hidung

Anda hanya memiliki sedikit waktu ketika mencoba kacamata di optik, maka dari itu ada beberapa sinyal yang bisa Anda perhatikan sehingga mudah menentukan cocok atau tidaknya kacamata tersebut untuk Anda.

Cara pertama adalah kesesuaian dengan bentuk hidung. Ini adalah faktor terpenting dalam kecocokan kacamata secara keseluruhan. Jika bingkai kacamata pas dan tidak bergeser dari hidung ketika Anda bergerak, walaupun tidak Anda pegang, maka kacamata tersebut cocok.

Tetapi jika bingkai kacamata Anda selalu meluncur turun dari hidung, meninggalkan bekas merah serta menekan bulu mata Anda, segera cari model yang lain saja.

Rasakan Tekanannya

Kenakan bingkai kacamata Anda dan perhatikan besar tekanan yang ada di pelipis serta belakang telinga Anda. Jika Anda menggeleng dan bingkai kacamata tetap on point, maka mungkin kacamata tersebut terlalu ketat.

Tetapi, asalkan tidak meninggalkan rasa sakit maka tidak masalah untuk tetap dikenakan.

Memilih model kaca mata minus maupun gangguan penglihatan yang lainnya sebenarnya tidak memiliki teori yang paten. Yang terpenting dari semuanya adalah kacamata tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu sebagai alat bantu penglihatan. Selama Anda nyaman memakainya dan dapat membuat Anda lebih percaya diri, kenakan saja!

Check Also

mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur di Pagi Hari?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah tertularnya banyak virus termasuk Coronavirus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *