Home / Kesehatan / Yuk, Bedah Manfaat Sinar Ultraviolet!

Yuk, Bedah Manfaat Sinar Ultraviolet!

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang merasa panik, segala sesuatu seolah menjadi hal yang perlu diwaspadai. Terutama beragam kegiatan yang berlangsung di luar. Anjuran pemerintah untuk melakukan PSBB dan social distancing pada kenyataannya tidak berlaku bagi mereka yang terpaksa mengharuskan bekerja di luar rumah.

Beragam kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dan mengharuskan untuk keluar rumah tersebut tentu menjadi suatu kekhawatiran tersendiri terutama ditengah wabah pandemi Covid-19 ini. Selain itu banyak juga yang masih berpikir bahwa kulit akan mati jika terkena sinar matahari yang mengandung UV, terlebih saat ini daya tahan tubuh sangat dibutuhkan disaat adanya pandemi.

Padahal jika Anda ketahui, sinar UV tidak hanya merugikan untuk kulit Anda akan tetapi juga dapat memberikan manfaat. Untuk itu bagi mereka yang sudah mengetahui bahwa manfaat sinar ultraviolet itu bagus untuk kulit maka pastinya tidak akan ragu untuk melakukan aktivitas di luar dengan memperhatikan beberapa hal yang menguntungkan dari sinar UV.

Manfaat Sinar Ultraviolet

Misalnya saja untuk paparan sinar matahari pada waktu dan jam-jam tertentu, namun jika sudah melewati batas waktu maka akan disiasati dengan cara lain yaitu dengan menggunakan sunscreen maupun dibantu dengan makanan dan bahan-bahan alami lainnya.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah manfaat sinar ultraviolet agar Anda dapat tidak khawatir beraktivitas di luar. Berikut beberapa manfaat tersebut:

Sumber vitamin

Anda pastinya sudah tahu bahwa sumber dari vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari. Hal ini sudah sering Anda dengar baik dari iklan-iklan di televisi maupun dari pelajaran di sekolah, bahwa untuk memperkuat tulang, fosfor, dan juga gigi dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D dan untuk dapat memperolehnya salah satunya adalah dengan berjemur di atas terik matahari pada waktu dan jam yang sesuai.

Dilansir dari liputan6.com, saat ini dengan maraknya kasus Covid-19 maka warga masyarakat dihimbau oleh Kementerian Kesehatan agar berjemur pada jam 10 hingga 11 siang selama kurang lebih 15 menit. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sinar matahari memiliki peran penting untuk membuat tubuh agar tetap sehat dan juga terhindar dari virus maupun parasit yang merugikan tubuh.

Hal tersebut ada kaitannya dengan anjuran para orang tua untuk menjaga jam olahraga di pagi hari hingga matahari mulai naik. Dengan demikian jika Anda menginginkan tubuh sehat, jangan lupa untuk menyempatkan berolahraga minimal satu hingga tiga kali dalam seminggu, atau rutin bila perlu sehingga Anda dapat tercegah dari paparan virus corona yaitu dengan cara yang juga sesuai anjuran pemerintah misalnya saja berolahraga di halaman atau sekitar rumah dengan tetap menjaga jarak.

Mengendalikan mood

Pernahkah hari yang Anda lewati terasa lebih baik jika pagi hari Anda awali dengan aktivitas olahraga? Hal tersebut sebenarnya dikarenakan tubuh Anda telah memproduksi suatu bahan kimia yang disebut dengan tryptamines. Karena sinar UV yang memberikan manfaat untuk merangsang otak agar memproduksi bahan kimia tersebut.

Dalam keilmuan, bahan kimia tersebut menjadi salah satu jenis zat yang dapat mempengaruhi mood Anda tetap dalam keadaan baik. Tidak heran selepas Anda berolahraga akan merasa lebih ceria, mengurangi depresi, dan tubuh terasa lebih ringan, setelah itu Anda akan siap untuk beraktivitas memulai hari Anda. Inilah salah satu manfaat dari sinar UV yang jarang banyak diketahui oleh orang-orang.

Manfaat sinar ultraviolet untuk tumbuhan

Bagian ini pastinya Anda sudah tidak asing lagi, sebab sejak Anda sekolah tingkat sekolah dasar guru Anda sudah memperkenalkan bahwa tumbuhan melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

Secara sederhananya tumbuhan yang memiliki zat hijau akan memperoleh makanan dari sinar matahari yang bergabung dengan zat gula dan merubah menjadi energi. Itulah sebabnya tumbuhan hijau memerlukan pancaran sinar matahari yang cukup agar tetap tumbuh selain membutuhkan air.

Pereda rasa nyeri

Jika Anda berolahraga dan di beberapa tempat menjumpai banyak orang yang sudah cukup berumur maka Anda tidak perlu heran, sebab banyak orang tua yang paham bahwasanya semakin tua maka rasa sakit pada tubuh akan semakin banyak salah satunya adalah yang berkaitan dengan tulang dan sendi. Hal tersebut akan sangat terbantu apabila dilakukan treatment dengan berjemur dibawah sinar matahari dan olahraga secukupnya. 

Bagus untuk menjaga ginjal Anda,

Saat Anda berjemur dibawah sinar matahari pastinya Anda akan mengeluarkan keringat. Hal tersebut sebenarnya dapat membantu untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh Anda.

Sebab keluar keringat berarti tubuh Anda sedang melakukan proses ekskresi dan dengan demikian ginjal akan terbantu dalam mengeluarkan zat-zat racun yang ada di dalam tubuh. Ingatlah meskipun ginjal bentuknya kecil akan tetapi memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh.

Untuk itu apabila Anda peduli terhadap ginjal Anda maka sebaiknya Anda tetap menjaga tubuh Anda dalam keadaan sehat dan juga berolahraga secara teratur, minimal berjemur pada waktu yang tepat.

Itulah beberapa manfaat sinar ultraviolet dan juga dampak maupun bahaya yang ditimbulkan. Dengan Anda memiliki literasi tentang sinar UV maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan bagaimana agar tetap mampu melakukan aktivitas di luar terutama bagi yang harus tetap bekerja di luar rumah saat masih ada wabah Covid-19.

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *