Home / Kesehatan / 8 Manfaat Push Up dan Jenis-jenisnya

8 Manfaat Push Up dan Jenis-jenisnya

Push up merupakan salah satu jenis olah raga penuh manfaat paling mudah yang bisa Anda lakukan. Push up bisa dilakukan oleh baik wanita maupun pria. Push up juga tidak memandang usia, anak-anak maupun usia dewasa dapat melakukannya.

Push up merupakan olah raga di mana anda bertumpu pada kekuatan otot dada, lengan, paha dan perut. Untuk melakukan push up tidak memerlukan barang khusus. Anda hanya perlu mencari tempat yang memiliki cukup ruang.

Banyak orang yang memiliki program diet dan penurunan berat badan dengan cara melakukan push up. Manfaat push up untuk tubuh sangat baik, khususnya bagi Anda yang sedang memiliki program membentuk badan. 

manfaat push up
Pixabay.com

Manfaat Push Up bagi Tubuh

Push up memiliki beberapa manfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan rutin dan disiplin. Berikut beberapa manfaat push up.

  • Membantu membentuk jaringan otot. 

Seperti yang sudah kita ketahui, gerakan push up sangat bertumpu pada kekuatan otot dada, otot lengan, otot paha, otot perut dan otot inti tubuh. Melakukan push up dapat memperkuat jaringan otot di bagian tersebut. 

  • Membangun kekuatan stabilitas tubuh.

Jaringan otot yang terbangun di antara otot-otot pada bagian dada, lengan, otot inti, paha dan perut akan membantu menjaga dan membantu tubuh dalam menjaga stabilitas dan keseimbangannya.

Pada saat melakukan push up, tidak hanya jaringan otot yang bekerja, namun juga jaringan neuron sensorik. Hal ini sangat berguna untuk kesehatan sistem saraf sehingga sistem saraf dapat bereaksi dengan cepat. 

  • Kesehatan jantung terjaga.

Sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh JAMA Network Open menyatakan bahwa gerakan push up membantu kesehatan jantung. Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang sering melakukan gerakan push up secara rutin memiliki jantung yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan push up sama sekali. 

  • Membantu produksi testosteron

Manfaat push up berikutnya adalah khususnya bagi kaum pria, yaitu membantu tubuh dalam memingkatkan kadar testosteron. Tubuh pria yang memiliki testosteron yang cukup akan membuat pria lebih menarik.

Selain itu, testosteron membantu menumbuhkan rambut, jenggot dan kumis. Testosteron juga membantu pria dalam meningkatkan dan menumbuhkan gairah seks. 

  • Cedera bahu dapat dihindari

Salah satu otot yang bekerja pada saat Anda melakukan push up adalah otot bahu. Manfaat melakukan push up adalah otot bahu akan terus terlatih sehingga kekuatannya semakin terbentuk.

Orang yang sering melakukan push up akan memiliki otot bahu yang kuat sehingga cedera pada bagian bahu akan dapat dihindari. 

  • Kekuatan tulang bertambah.

Orang yang sering melakukan push up juga akan memiliki tulang yang kuat. Gerakan push up memungkinkan setiap bagian tubuh Anda menahan beban dari tubuh Anda sendiri. Semakin sering tulang Anda mendapat tekanan dalam menahan beban, semakin kuat pula kekuatan jaringan tulang Anda.

  • Berat badan turun.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang sering melakukan push up memiliki berat badan yang stabil dan bentuk tubuh yang ideal. Gerakan push up sangat pas bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Gerakan push up memungkinkan otot perut dan paha bekerja secara maksimal sehingga lemak yang ada di sana terbakar.

  • Membuat Anda percaya diri.

Sering melakukan gerakan push up membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan membentuk bentuk tubuh. Tubuh yang sering melakukan push up akan terlatih sehingga bentuknya menjadi proporsional.

Bentuk tubuh yang proporsional akan membantu Anda dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri. Orang yang sering melakukan gerakan push up juga memiliki kesehatan mental yang baik. 

Jenis-jenis Gerakan Push Up

Meskipun gerakan push up cukup simple, namun sejatinya push up memiliki banyak jenis dan gerakannya bervariasi. Push up yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah dengan meletakan kedua tangan sebagai penumpu tubuh ketika Anda berbaring. Di banyak jenis push up, yang menjadi tumpuan tidak hanya otot lengan, namun juga bagian lainnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis push up yang bisa Anda lakukan di rumah.

Gerakan Push Up Triangle

Pertama adalah triangle push up. Untuk melakukan push up jenis ini tidaklah sulit. Posisikan tubuh Anda seperti akan melakukan push up biasa. Sejajarkan kedua telapak tangan Anda sedekat mungkin, khususnya ibu jari dan telunjut hingga telapak tangan Anda membentuk segitiga. Manfaat push up jenis ini adalah memberi tekanan lebih pada otot dada dan otot lengan.

Wide Grip Push Up

Gerakan push up wide grip sangat membantu Anda dalam membentuk otot dada bagian dalam. Untuk melakukannya, posisikan tubuh Anda seperti saat akan melakukan push up biasa.

Kemudian, rentangkan lengan sejauh mungkin sehingga pada saat Anda melakukan push up, otot dada bagian dalam akan bekerja secara maksimal. 

Single Leg Push Up.

Untuk dapat melakukan push up dengan gerakan single leg, anda harus mengangkat salah satu kaki sehingga ketika Anda melakukan push up, kamu hanya bertumpu pada satu kaki. Jika anda adalah seorang pemula, Anda bisa menggunakan bantuan bangku atau meja sebagai alat pembantu penahan penumpu kaki ada. 

Push Up Clap.

Gerakan selanjutnya adalah push up clap. Gerakan ini tidak jauh berbeda dengan gerakan push up biasa. Bedanya adalah ketika Anda mengangkat badan, anda harus membaut gerakan menepuk tangan secara cepat sehingga energi yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan push up biasa. Manfaat push up jenis ini adalah sangat efektif dalam membantu membentu dada yang bidang.

Reverse Palm Push Up

Gerakan selanjutnya adalah reverse palm push up. Sesuai namanya, anda diharuskan melakukan putaran 90 derajat pada arah telapak tangan anda. Gerakan ini tidak dianjurkan untuk orang yang melakukan push up dalam tahap pemula. 

Knee to Chest 

Untuk melakukan gerakan ini cukup mudah. Cukup posisikan tubuh Anda seperti akan melakukan push up pada umumnya. Kemudian luruskan kaki anda sehingga anda terlihat seperti akan tengkurap.

Sekarang, pusat tumpuan anda berada pada lengan sepenuhnya. Gerakan ini direkomendasikan bagi para pemula. 

Spiderman 

Gerakan ini memiliki pola gerakan seperti tokoh fiksi spiderman ketika merangkak. Posisikan tubuh anda seperti melakukan gerakan push up pada umumnya. Kemudian pada saat anda melakukan push up, angkat ke depan salah satu kaki anda seperti gerakan merayap. Namun, usahakan kaki anda tidak menyentuh lantai. 

One Arm

one arm Push Up

Gerakan ini merupakan gerakan yang umum dilakukan oleh orang yang sudah sering melakukan push up sehingga jaringan otot-ototnya sudah terbentuk sempurna.

Gerakan one arm push up membutuhkan kekuatan otot dan energi yang besar karena Anda akan melakukan push up dengan hanya satu tangan. Satu tangan lagi berfungsi sebagai penyeimbang yang diletakan di pinggul belakang.

Untuk melakukan gerakan ini, posisikan diri anda seperti akan melakukan gerakan push up seperti biasa. Kemudian, angkatlah salah satu lengan sehingga badan Anda hanya tertumpu pada satu tangan. Secara perlahan, gerakan tubuh Anda seperti melakukan push up seperti biasa.

Demikian beberapa manfaat push up dan jenis-jenisnya. Perlu diketahui bahwa push up yang akan anda lakukan akan sangat bergantung pada jenis makanan yang anda makan, kualitas tidur anda dan seberapa disiplin anda melakukannya. 

Sumber gambar header Pixabay.

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *