Home / Blog / Manfaat Konsumsi Jahe bagi Kesehatan!

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Kesehatan!

Manfaat Konsumsi Jahe bagi Kesehatan! Jahe adalah tanaman berbunga dan nama resminya adalah Zingiber officinale. Akar pedas dan pedas dalam rasa, dengan banyak sifat obat. Ini digunakan di seluruh dunia dalam aplikasi kuliner dan klinis keduanya untuk alasan yang baik.

manfaat konsumsi jahe
manfaat konsumsi jahe

Jahe adalah teman baru Anda untuk mendukung segala hal terkait kesehatan pencernaan. Dispepsia fungsional adalah istilah klinis yang digunakan untuk menggambarkan ketidaknyamanan perut bagian atas seperti refluks asam. Yang dianggap terkait dengan memperlambat sistem pencernaan. Manfaat konsumsi jahe telah terbukti membantu masalah ini.

Jahe membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengosongkan makanan dari lambung dengan lebih cepat dikenal sebagai pengosongan lambung. Dengan peningkatan motilitas dalam sistem pencernaan ini, kecil kemungkinan bahwa sakit maag atau gangguan pencernaan akan terjadi.

Semakin efisien pencernaan Anda, semakin banyak energi yang akan Anda miliki karena para peneliti telah menemukan bahwa sekitar 60 persen energi tubuh Anda digunakan untuk metabolisme. Jika jahe dapat meningkatkan pencernaan, metabolisme Anda akan meningkat dan energi akan lebih banyak tersedia.

Mengurangi Mual

Mual tidak menyenangkan. Apakah itu karena mabuk perjalanan, mual di pagi hari, efek pasca operasi, kemoterapi, atau kehamilan, mual bukanlah pengalaman yang diinginkan siapa pun. Dan ketika Anda benar-benar mengalami sakit perut. Anda akan memberikan apa saja untuk menyelesaikannya! Masukkan jahe. Jahe telah terbukti menjadi obat yang efektif untuk mual yang berhubungan dengan kehamilan dan kemoterapi.

Mengurangi Peradangan

Peradangan terjadi secara alami bahkan pada orang sehat. Ini respons alami dan sehat untuk melindungi tubuh dari cedera atau penyakit. Namun, ketika peradangan berlebihan atau kronis, itu bisa sangat merusak. Faktanya, para peneliti telah menemukan bahwa peradangan kronis adalah akar dari banyak penyakit umum seperti penyakit jantung, kelainan autoimun, dan kanker.

Mengurangi Nyeri Menstruasi

Banyak wanita tahu bagaimana nyeri haid yang melemahkan bisa. Ada obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas yang didedikasikan untuk rasa sakit khusus ini. Tetapi jahe juga dapat meredakan sakit.

Apa Manfaat Konsumsi Jahe yang Luar Biasa bagi Kesehatan?

Cara Menggunakan Jahe

Mengetahui semua manfaat jahe untuk kesehatan ini bagus, tetapi bagaimana Anda bisa dengan mudah memasukkan jahe ke dalam rutinitas harian? Jahe cukup pedas, jadi Anda mungkin tidak menikmati rasanya. Untungnya, ada banyak pilihan bagi mereka yang suka jahe dan mereka yang mungkin baru mengenal akarnya.

Akar jahe segar : Ini adalah bentuk jahe yang paling manjur, tetapi juga yang paling serbaguna. Anda dapat mengirisnya dan mencelupkannya ke dalam air panas untuk teh, mencincangnya menjadi hidangan tumis, membuat jus, menambahkannya ke smoothie Anda. Atau bahkan mengambil sepotong dan menyedotnya! Jahe kering atau jus jahe sangat bagus untuk camilan siang hari.

Jahe bubuk: Jahe bubuk dapat digunakan dengan cara yang mirip dengan jahe segar. Dapat direndam dalam air panas untuk minum teh atau ditambahkan ke resep favorit Anda. Jahe bubuk juga bagus digunakan untuk membuat kue.

Kapsul jahe: Ini adalah cara termudah untuk memasukkan jahe ke dalam makanan Anda — terutama jika Anda bukan penggemar rasanya! Kapsul jahe, atau suplemen jahe, sederhana. Bubuk jahe bubuk ditambahkan ke kapsul agar mudah dikonsumsi setiap saat sepanjang hari.

Teh jahe : Seperti yang disebutkan, Anda bisa membuat teh jahe menggunakan jahe segar atau jahe bubuk. Tetapi Anda juga dapat membeli kantong teh ekstrak jahe siap saji di toko. Ini bagus untuk dimiliki jika merasa mual atau ingin menenangkan perut setelah makan.

Mengunyah jahe: Mengunyah jahe seperti permen jahe dan cenderung lebih ringan dalam rasa dan dapat dibawa ke mana saja. Pastikan untuk memeriksa bahan-bahan untuk memastikan Anda tidak mengonsumsi bahan-bahan yang tidak diinginkan seperti sirup jagung.

Minyak jahe: Minyak jahe dapat dikonsumsi secara internal atau dioleskan untuk mengobati rasa sakit. Minyak atsiri jahe memiliki banyak khasiat yang menenangkan dan berguna untuk digunakan sebagai pijatan.

Dengan semua manfaat kesehatan yang ditawarkan jahe dan semua cara yang berbeda untuk mengkonsumsi jahe. Tidak ada salahnya untuk mulai memasukkannya ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Selamat mencoba.

About contributor

Check Also

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan!

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan! Jika Anda bertanya-tanya, tomat secara teknis adalah buah, karena mengandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *