Home / Kesehatan / Mempraktekkan Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Mempraktekkan Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Kesehatan adalah hal paling penting dalam hidup kita. Maka dari itulah manfaat daun kelor untuk mata yang selama ini tidak banyak yang mengetahui mulai terekspos.

Selama ini keberadaan daun kelor selalu saja dikaitkan dengan hal magis. Padahal, di luar manfaatnya yang katanya bisa digunakan sebagai penangkal ilmu hitam, daun ini juga bermanfaat karena berbagai kelebihannya.

Apa Itu Daun Kelor

Nama ilmiah dari daun kelor adalah moringa oleifera atau juga biasa disebut dengan drumstick tree. Tanaman ini memang banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Selain nama di atas, kelor juga memiliki sebutan lainnya seperti limaran, horseradish tree dan ben-oil. Sedangkan jika Anda mengunjungi Filipina, masyarakat setempat sering menyebut nama kelor dengan malunggay.

Daun ini kaya akan vitamin, mineral serta antioksidan yang bagus untuk tubuh. Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka tidak heran jika banyak orang menyebut tanaman ini sebagai tanaman ajaib.

Tentang Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa daun kelor memiliki manfaat yang sangat banyak, terutama untuk mengobati sakit pada mata. Salah satu alasannya karena daun kecil ini memiliki nutrisi yang sangat banyak, hampir 45 jenis nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya.

Mengobati Mata Belekan

Belekan sering terjadi karena mata mengalami iritasi yang bisa disebabkan oleh debu maupun bakteri atau karena benda asing lainnya yang tidak sengaja masuk ke dalam mata.

Biasanya, untuk mengobati belekan, seseorang dianjurkan untuk minum obat dan memberikan salep oleh pada mata. Sekarang, ternyata daun kelor juga dapat digunakan untuk menyembuhkan belekan.

Mengobati Mata Belekan

Metodenya pun serupa, yaitu dengan diteteskan ke mata. Namun tentu saja agar bisa diteteskan, daun kelor harus diproses dulu agar bisa didapatkan sarinya.

Rabun Ayam

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang jauh lebih banyak dibandingkan wortel. Padahal, selama ini wortel dipercaya dapat untuk menyembuhkan gangguan ketajaman penglihatan. Bayangkan, jika wortel saja bisa, apalagi kelor?

Dikatakan bahwa kandungan vitamin A dalam kelor bisa mencapai sepuluh kali lipat kandungan dalam wortel, apalagi daun kelor yang sudah diekstraksi.

Rabun Ayam

Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang menderita rabun ayam. Gangguan penglihatan yang kerap diderita ketika sore menjelang ini dapat terbantu dengan konsumsi rutin daun kelor.

Pengolahan Agar Mendapat Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Belekan

Guna mendapatkan ramuan untuk mata belekan, Anda dapat menumbuk satu tangkai daun limaran hingga halus. Kemudian campur dengan 200 ml air.

Jika sudah tercampur rata, saring menggunakan saringan dengan lubang yang rapat. Anda juga dapat menggunakan kain untuk memeras sari daun kelor.

Belekan

Pastikan tidak ada partikel halus lain yang ada di dalam ramuan, sebab nantinya cairan ini akan diteteskan langsung ke mata. Jika sudah mendapatkan sari pati daun kelor atau limaran, teteskan 1 – 2 tetes untuk setiap mata 1 kali sehari hingga iritasi berkurang.

Rabun Ayam atau Rabun Senja

Jika untuk mata belekan, sari pati kelor hanya diteteskan, maka untuk mengobati rabun ayam, sari kelor harus diminum. Untuk membuatnya, siapkan dahulu daun kelor sebanyak tiga lembar.

Rabun Ayam atau Rabun Senja

Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 250 ml. Diamkan hingga suam-suam kuku kemudian saring sarinya. Jika tidak suka rasa asli daun kelor, Anda dapat menambahkan madu secukupnya, kira-kira satu atau dua sendok makan saja.

Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebelum tidur pada malam hari. Jika rutin mengkonsumsinya maka penglihatan bisa semakin tajam.

Kandungan Dalam Daun Kelor Untuk Mata dan Tubuh

Vitamin

Siapa sangka bahwa daun yang berwarna hijau ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih banyak hingga tujuh kali lipat dibandingkan dengan buah jeruk.

Atau jika dikonversikan ke dalam Angka Kecukupan Gizi atau AKG, maka dalam 21 gram daun kelor, atau setara satu cangkir, vitamin C yang terkandung di dalamnya adalah sebanyak 12%.

Kandungan Dalam Daun Kelor Untuk Mata dan Tubuh

Selain vitamin C juga ada vitamin B6, yang berfungsi sebagai penambah energi serta memperkuat fungsi otak. Dalam satu cangkir daun kelor terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 19%.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yaitu 9% dari AKG. Vitamin ini didapat dari beta-karoten di dalam daun kelor.

Vitamin terakhir yang ada di dalam daun kelor adalah B2 atau Riboflavin yang terdapat sebanyak 11% dari RDA.

Mineral

Dalam 21 gram daun kelor, terdapat banyak mineral yang bisa menjadi manfaat daun kelor untuk mata dan juga tubuh. Mineral tersebut antara lain adalah zat besi yang berguna untuk pencegahan anemia.

Zat besi yang terkandung di dalam daun kelor adalah sebanyak 11% dari AKG, angka yang cukup besar untuk daun yang kecil ini. Selain itu, ada pula mineral lainnya yaitu magnesium sebesar 8% dari RDA.

Jika pisang selama ini diyakini sebagai buah yang kaya potasium, maka sekarang posisinya harus digeser oleh kelor soal kandungannya. Sebab, potasium yang ada dalam daun kelor lebih banyak dua kali lipat dari pisang.

Protein

Daun kelor yang sedang naik daun ini memang sangat berkhasiat. Selain mengandung vitamin serta mineral yang tinggi kandungannya, daun kelor juga mengandung protein.

Terdapat sekitar 2 gram protein di dalam 21 gram daun kelor. Walau hanya 1% dari berat, tapi ini merupakan angka yang besar. Karena kandungan ini berarti lebih banyak daripada protein yang terkandung di dalam susu.

Antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga sangat tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang berguna menjadi penangkal radikal bebas dalam badan Anda.

Seperti yang kita ketahui, tingginya radikal bebas, bisa didapatkan dari polusi serta makanan yang tidak sehat, dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Bahkan bisa menyebabkan penyakit seperti jantung, diabetes melitus dan juga penyakit kanker.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor antara lain adalah Quercetin. Senyawa ini dapat menjadi antioksidan yang kuat. Selain itu, quercetin juga berguna untuk penderita darah tinggi karena mampu berperan sebagai penurun tekanan darah.

Selain senyawa quercetin, di dalam daun kelor juga terdapat asam klorogenik. Senyawa ini juga sering dijumpai terdapat dalam kopi. Asam klorogenik dalam dosis tinggi terbukti dapat berguna sebagai penurun kadar gula darah setelah mengkonsumsi makanan.

Selain manfaat daun kelor untuk mata, ternyata ada banyak kegunaan lain yang bisa sangat berguna untuk tubuh. Daun yang cukup mudah untuk dibudidayakan ini bahkan sudah dimasukkan dalam gerakan nasional untuk mencegah stunting pada anak.

Melihat manfaatnya yang begitu besar, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin, bukan hanya untuk mata tetapi kesehatan secara keseluruhan. Ternyata pepatah tak selebar daun kelor, tidak berlaku untuk segudang manfaatnya.

Check Also

Mitos Sinar Matahari Dapat Bunuh Virus Corona

Merebaknya pandemi COVID-19 membuat berbagai kabar tersebar di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu kabar yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *