Home / Kesehatan / Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Mau tahu apa saja makanan untuk penderita asam urat?

Kali ini kita akan membahasnya untuk Anda, akan tetapi sebelumnya kita akan membahas tentang asam urat itu sendiri.

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyerang orang dewasa dan mendekati menopause. Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang menyerang seseorang karena kadar purin didalam tubuh penderita terlalu tinggi.

Orang yang menderita asam urat akan mengalami beberapa gejala. Apa sajakah gejalanya?

Baca : Gejala Asam Urat Tinggi yang Akan Dialami Penderita Asam Urat

Bagi Anda yang menderita asam urat, sangat dianjurkan agar Anda mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa makanan untuk penderita asam urat yang memang mengandung kandungan atau nutrisi terbaik yang ampuh menurunkan kadar purin didalam darah yang terlalu tinggi.

Mengenai apa saja makanan untuk penderita asam urat yang worth it banget, Anda bisa cek daftarnya dalam ulasan di bawah ini!

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Buah pisang

Buah pisang

Buah pisang bukan hanya merupakan buah yang baik untuk sistem cerna manusia, akan tetapi juga menjadi salah satu buah yang disarankan dikonsumsi Anda yang menderita gout. Hal ini karena buah pisang memiliki manfaat yang sangat tinggi dalam rangka menurunkan kadar purin yang berlebih didalam darah.

Jika Anda rajin mengonsumsi buah pisang, maka bisa dipastikan asam urat Anda tidak akan mengalami resiko mengalami penggumpalan dan penumpukan di area sendi.

Buah tomat

Buah tomat sendiri dikenal sebagai salah satu makanan yang sangat baik bagi mata manusia. Hal ini karena didalam buah tomat terdapat kadar vitamin A dalam jumlah yang bisa dikatakan tinggi.

Selain itu ternyata dibalik buah tomat tak hanya bisa Anda temukan kandungan vitamin A saja, didalamnya juga terdapat sifat terkategori basa dimana manfaatnya dapat menjaga purin larut didalam darah. Karena itu buah tomat menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi sehari – hari oleh penderita sam urat.

Jeruk nipis

Jeruk nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu jenis buah yang seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan bumbu penyedap cita rasa makanan.

Namun dibalik fungsinya yang dapat menambah cita rasa masakan, nyatanya jeruk nipis menjadi salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat didalamnya.

Salah satu manfaat dari buah jeruk nipis yang punya kadar asam tinggi adalah dapat melarutkan zat asam didalam darah. Kandungan asam tersebut dikenal dengan istilah asam sitrat.

Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu buah untuk mengatasi asam urat, Anda bisa konsumsi jeruk nipis secara langsung ditambah madu atau menjadikan jeruk nipis sebagai air infused water yang dikonsumsi setiap pagi dan malam hari.

Air infused water dari jeruk nipis ditambah madu ini sangat aman karena 100% herbal. Jika Anda konsumsi secara rutin, selain dapat mengatasi asam urat, juga dapat mengatasi masalah berat badan berlebih sebagai terapi menurunkan berat badan secara alami. Recommended banget lho!

Buah ceri

Buah ceri merupakan jenis buah yang memiliki terdapat kandungan berupa zat anti radang didalamnya yang disebut sebagai anthocyanin. Buah ceri juga menjadi salah satu jenis buah yang dapat mengurangi kadar purin berlebih. Selain itu, buah ceri juga dapat mencegah purin didalam darah mengalami pengkristalan dan mencegahnya mengendap didalam sendi.

Buah apel

Buah apel

Didalam buah apel selain terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, juga terdapat kandungan lain berupa asam malat. Asam malat merupakan kandungan yang dapat membantu menetralisir asam urat didalam aliran darah. Sehingga untuk Anda yang memiliki purin tinggi bisa mencoba mengonsumsi buah apel secara rutin bahkan setiap hari.

Sayuran

Secara umum sayuran mulai dari yang berdaun hijau seperti halnya sawi, brokoli dan kangkung, semuanya secara garis besar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Didalamnya terdapat kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut juga sangat ampuh membantu mengatasi masalah asam urat bagi penderita.

Protein hewani

Protein hewani

Ada beberapa jenis makanan yang bisa masuk ke dalam kelompok ini diantaranya yaitu daging ayam tanpa kulit atau tanpa lemak, telur ayam, daging kalkun dan susu serta yoghurt plain. Semua itu merupakan sumber protein hewani yang sangat baik. Namun sebagai catatan, untuk susunya harus merupakan susu rendah lemak, bukan yang lain.

Teh hijau

Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah asam urat adalah mengonsumsi teh hijau secara rutin. Rutinitas ini dapat menurunkan resiko Anda terkena asam urat dan dapat membantu mengendalikan kondisi hiperurisemia atau kadar asam urat tinggi didalam darah dan tubuh penderita.

Anda yang menderita asam urat, bisa mengonsumsi teh hijau 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan juga di waktu malam hari sebelum tidur.

Minyak zaitun

minyak zaitun

Terakhir, juga ada minyak zaitun sebagai salah satu makanan untuk penderita asam urat. Didalam minyak zaitun ini terdapat kandungan lemak sehat yang dapat menjadi salah satu makanan untuk penderita asam urat terbaik. Minyak sehat ini juga memiliki kandungan antioksidan dan kandungan antiinflamasi yang sangat baik dalam menjaga produksi asam urat agar tetap berada dalam kondisi yang normal.

Bagi Anda yang menderita asam urat, rajin – rajinlah mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat diatas. Semoga kesehatan selalu menyertai kita semua.

Check Also

mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur di Pagi Hari?

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah tertularnya banyak virus termasuk Coronavirus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *