Home / Kesehatan / Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil

Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil

Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil – Olahraga saat hamil memang tetap dianjurkan oleh beberapa ahli, selain baik untuk kesehatan bunda juga untuk kesehatan janin bunda.

Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan, bukan olahraga berat yang dapat membahayakan kandungan bunda. Senam untuk ibu hamil ini ternyata sangat baik untuk kesehatan, jika bunda sering mengeluhkan sakit pada punggung dan panggul maka bunda dapat memilih senam ini untuk mengatasinya.

Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil

Senam air merupakan variasi dari gerakan senam hamil yang telah ada sebelumnya, dimana senam banyak dilakukan didalam ruangan, maka senam dalam air ini dapat menjadi pilihan variasi bunda. Senam air untuk ibu hamil biasanya dilakukan dikolam renang yang memang telah didesain secara khusus untuk ibu hamil.

Keuntungan senam air ibu hamil dibandingkan senam bumil yang biasa dilakukan adalah karena adanya bantuan media air sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera karena beban yang berlebihan pada bagian tulang dan sendi dapat diminimalisir dengan media air.

Terdapat beberapa Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil yang biasa dilakukan saat senam di air, berikut beberapa contoh gerakannya, ingat bunda untuk tidak dianjurkan mencobanya sendiri tanpa dampingan ahlinya ya.

Gerakan Cross Country Ski

Manfaat dari gerakan ini adalah pada bagian pundak bunda, lengan, bagian bokong, kaki serta betis. Dalam gerakan ini, pertama bunda harus melakukan posisi berdiri lalu sedikit membungkuk.

Lanjutkan dengan ayunkan kaki kanan ke arah depan dengan posisi lutut ditekuk. Sedangkan untuk posisi kaki kiri adalah sebaliknya melakukan gerakan ke belakang seperti mendorong. Gerakan pada posisi tangan adalah menggerakkannya berlawanan dengan arah kaki bunda tadi. Untuk lebih singkatnya bunda seperti saat berjalan namun di dalam air.

Gerakan Floating Frog

Selain bermanfaat untuk pundak dan bokong bunda juga baik untuk memperkuat bagian paha dan lengan. Dalam gerakan ini bunda membutuhkan bantuan benda sebagai alat bantu contohnya pool moodle.

Bunda dapat meletakkannya di bagian punggung belakang dan menariknya melalui sela-sela tangan ke arah depan. Untuk gerakan kaki bunda cukup menempelkannya pada kedua kaki dan menyandarkan tubuh pada noodle dilanjutkan menarik kaki ke dalam permukaan air dengan diiringi olah nafas.

Secara lebih sederhana gerakan senam air bagi ibu hamil ini hampir mirip gerakan katak.

Gerakan Pendulum Cross

Hampir sama fungsinya dari gerakan ini dengan gerakan-gerakan sebelumnya yakni untuk memperkuat pundak, lengan dan paha. Gerakan ini cukup sederhana dengan memposisikan tangan di pinggul dalam posisi berdiri dan mendorong perut ke atas dan ke bawah. Tambahkan dengan mengayunkan kaki kanan Anda ke arah kanan begitu pula dengan kaki kiri yang diayunkan ke arah kiri. Untuk cara senam ibu hamil ini bunda dapat melakukan gerakan melompat-lompat kecil dengan tumpuan kaki kiri bunda. Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil ini cukup mudah bukan?

Walaupun gerakannya sederhana namun bunda tetap harus didampingi instruktur ya dan kolam renang yang digunakan juga bukan kolam renang sembarangan. Senam air ini dapat bunda lakukan sejak awal kehamilan hingga mencapai minggu ke 7 ataupun menjelang kelahiran. Hal ini malah lebih bagus karena akan membantu proses persalinan bunda. Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan selama proses kehamilan maupun membantu mempersiapkan proses persalinan.

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *