Home / Kesehatan / Gejala Asam Urat Tinggi yang Akan Dialami Penderita Asam Urat

Gejala Asam Urat Tinggi yang Akan Dialami Penderita Asam Urat

Hampir sebagian besar orang dewasa dan mendekati masa menopause mendapati gejala penyakit asam urat yang bisa jadi tinggi. Penyakit asam urat atau gout merupakan penyakit yang terjadi karena kadar purin didalam darah terlalu tinggi.

Orang dengan sistem metabolisme tubuh yang menurun akan beresiko 60% lebih tinggi terserang penyakit asam urat dibandingkan orang – orang di usia muda yang notabennya memiliki sistem metabolisme tubuh yang masih sangat baik.

Gejala Asam Urat Tinggi yang Akan Dialami Penderita Asam Urat

Seseorang yang mengalami penyakit asam urat biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang dirasakan. Gejala pada seseorang secara garis besar sama dengan yang dirasakan sebagian besar penderita asam urat. Lantas, apa sajakah gejala yang dirasakan oleh penderitanya?

Gejala Asam Urat Tinggi

Seseorang yang menderita penyakit asam urat akan mengalami beberapa gejala. Beberapa orang ada yang merasakannya dan memahami indikasi gejala tersebut, namun ada juga orang yang tidak mengenal indikasi gejala tersebut sehingga mengakibatkan penanganan asam urat tidak dilakukan sedini mungkin.

Adapun gejala asam urat yang harus Anda kenali diantaranya :

  • Sering terjadi kesemutan di salah satu bagian tubuh baik di area tangan, kaki, atau bagian tubuh yang lain
  • Nyeri sendi dan linu
  • Telapak kaki berwarna merah dan menyengat serta terasa nyeri ketika digunakan berjalan
  • Mengalami edema atau pembengkakan di salah satu bagian tubuh. Biasanya pembengkakan yang dialami penderita asam urat terjadi di area telapak tangan, dan area kaki. Pembengkakan ini menjadi indikasi bahwa gejala asam urat tinggi dan sudah harus mendapatkan penanganan karena ada indikasi bahaya.
  • Pada kondisi kronis, terjadi mati rasa atau lumpuh sebagian pada sekitar area yang bengkak

Nah, jika diantara Anda mengalami sebagian dari gejala diatas, maka itu artinya ada kemungkinan Anda memang sedang merasakan gejala asam urat tinggi dan Anda harus segera melakukan penanganan yang tepat.

Anda pun harus menghindari makanan – makanan yang merupakan pantangan makanan penderita asam urat. Beberapa makanan yang menjadi pantangan Anda diantaranya :

Jeroan

jeroan

Jeroan yang didalamnya termasuk jantung, hati, otak, babat, usus dan limpa hewan adalah makanan yang harus dihindari penderita asam urat.

Jeroan merupakan bahan makanan yang mengandung protein dimana ketika protein tersebut dipecah oleh tubuh akan menghasilkan banyak purin dalam aliran darah.

Daging merah

Daging merah adalah jenis makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi yang dapat menyebabkan gejala asam urat. Menurut penelitian dari Jepang, didalam daging merah mentah terdapat kandungan 100 mg purin. Jumlah ini jelas tidak dianjurkan dikonsumsi karena tergolong tinggi purin.

Makanan laut

makanan penyebab asam urat

Ada banyak makanan laut yang tinggi kandungan purin sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan laut seperti halnya ikan teri, ikan sarden dan mackerel, kerang, udang dan cumi adalah makanan laut yang menjadi pantangan penderita asam urat. Tingkat purin dari bahan makanan yang telah disebutkan tersebut berada pada tingkatan sedang sampai tingkatan tinggi.

Minuman Menjadi Gejala Asam Urat Tinggi

Aneka minuman manis

Berbagai macam minuman manis umumnya mengandung kadar gula berupa fruktosa. Fruktosa ini merupakan salah satu bahan dari daftar makanan dan minuman yang menyebabkan asam urat. Fruktosa pada dasarnya merupakan kandungan yang tidak mengandung purin.

Hanya saja ketika tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung fruktosa, tubuh akan memecah fruktosa dan menghasilkan purin.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BMJ Open, disebutkan bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman manis lebih sering terserang asam urat di usia 30 tahun dibandingkan orang yang jarang mengonsumsi minuman manis. Jadi minuman manis juga menjadi salah satu gejala asam urat tinggi.

Minuman mengandung alkohol

minuman penyebab asam urat

Alkohol merupakan suatu zat yang masuk ke dalam daftar makanan dan minuman yang wajib dihindari penderita asam urat. Salah satu minuman mengandung alkohol yang sangat ampuh menyebabkan asam urat adalah bir. Berdasarkan penelitian, semakin banyak kadar alkohol yang diminum seseorang maka resiko mengalami asam urat juga akan jauh lebih tinggi.

Makanan mengandung lemak

Anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena selain dapat menyebabkan obesitas, lemak juga menjadi salah satu kandungan yang menyebabkan gejala asam urat. Dikutip dari Arthritis Foundation, disebutkan bahwa makanan mengandung lemak dapat membuat berat badan bertambah dan serangan asam urat terjadi.

Hal tersebut terjadi karena orang yang mengonsumsi makanan berlemak akan mengalami obesitas dan ketika seseorang mengalami obesitas, pembuangan asam urat oleh ginjal melambat sehingga peningkatan kadar asam urat akan memicu munculnya serangan kristal urat yang menumpuk didalam darah. Akibatnya orang yang sudah mengalami asam urat, maka kondisi tersebut akan semakin parah.

Jadi itulah hal penting yang Anda harus tahu tentang gejala asam urat tinggi dan makanan yang harus Anda hindari. Anda juga bisa simak video tentang gejala asam urat tinggi dan pantangan makanannya melalui video berikut ini :

Check Also

Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi 100% Work

Makanan Penurun Darah Tinggi 100% Work

Daftar Isi Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi 100% Work Aneka sayuran hijauBuah pisangYoghurtBuah berryBuah bitKacang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *