Home / Bisnis / Cara Cek NPWP Secara Online

Cara Cek NPWP Secara Online

Nah, bagi Anda yang sudah memiliki NPWP dan ingin mencari tahu perihal NPWP Anda, sekarang NPWP sudah bisa dicek secara online. Mengenai bagaimana cara cek NPWP secara online bisa Anda simak dalam uraian informasi berikut ini!

Setiap warga negara yang sudah bekerja, sangat penting bagi mereka untuk mengurus NPWP sebagai kewajiban kewarganegaraan. Lantas, apa itu NPWP?

Cara Cek NPWP Secara Online

NPWP ini merupakan identitas perpajakan berupa nomor pokok yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP juga menjadi tanda pengenal yang harus dimiliki seseorang yang secara penghasilan sudah memenuhi kriteria untuk bisa dikatakan sebagai Wajib Pajak.

Cara Cek NPWP Secara Online

Selain Anda bisa mengecek NPWP secara langsung ke Kantor Pelayanan Perpajakan, Anda juga bisa mengeceknya secara online. Cara cek NPWP online bisa dilakukan dengan empat cara yaitu melalui kring pajak, situs DJP online, faksimile, dan email.

Cara cek NPWP melalui situs DJP online

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melalui situs DJP online. Caranya, Anda masuk saja ke halaman NPWP dengan memasukkan akun Anda ketika pertama kali Anda mendaftar. Selanjutnya Anda buka bagian dashboard.

cek via DJP Online

Setelah Anda masuk di bagian dashboard, Anda akan melihat identitas dan NPWP Anda. Atau cara kedua bisa melalui situs ssereg.pajak.go.id. Cara kedua ini sebenarnya merupakan cara yang paling sering digunakan subjek pajak atau wajib pajak untuk melakukan pengecekan karena sangat mudah step by stepnya.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda buka situs ssereg.pajak.go.id
  • Setelah laman di situs tersebut terbuka, Anda isi kolom NPWP dengan benar. Kemudian selanjutnya pointer mouse secara otomatis berpindah ke kolom email. Kini Anda harus mendiamkannya selama beberapa detik.

Jika kartu Anda masih dalam kondisi aktif, kolom nama akan mendeteksi pemiliknya. Sebaliknya jika tidak muncul, itu artinya Anda harus datang langsung ke kantor pelayanan pajak untuk memastikan status NPWP Anda.

Cara cek NPWP melalui faksimile

Mesin faksimile merupakan mesin yang fungsinya adalah untuk memberikan fasilitas pengiriman pesan melalui surat yang nanti salinannya akan segera diterima oleh DJP. Untuk bisa menggunakan fasilitas yang satu ini, Anda harus hubungi nomor 021-5251245.

cek npwp faksimile

Akan tetapi pengecekan NPWP secara online melalui mesin facsimile butuh waktu cukup lama. Jadi informasinya tidak secepat ketika Anda mengecek NPWP melalui website seperti cara pertama. Anda butuh waktu dua hari untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Jadi jika Anda butuh informasi NPWP secara cepat tanpa butuh waktu lebih dari satu hari, Anda bisa lakukan cara pertama karena cara pertama adalah cara yang paling recommended untuk Anda.

Cara cek NPWP melalui email

Perangkat elektronik berupa email juga bisa Anda gunakan mengecek nomor NPWP Anda secara online. Hal tersebut karena saat ini layanan melalui email sudah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak demi memberikan kenyamanan bagi setiap NPWP.

via email

Layanan email merupakan suatu layanan yang akan sangat memungkinkan pesan terbalas dengan cepat. Melalui email, Anda bisa menuliskan identitas diri Anda secara jelas dan konkrit sehingga pengecekan oleh petugas akan lebih mudah dan lebih cepat.

Setelah pesan selesai ditulis dan penulisan identitas juga selesai, silahkan Anda segera kirim email Anda melalui alamat email [email protected]. Nantinya Anda akan mendapatkan balasan email tentang informasi yang Anda butuhkan.

Cara cek NPWP melalui Kring Pajak

Kring Pajak juga menjadi layanan yang diberikan sebagai bentuk dukungan Direktorat Jenderal Pajak bagi pelayanan pajak di Indonesia. Kring Pajak merupakan suatu program bagian administrasi di Dirjen Pajak yang tujuannya adalah untuk memberikan berbagai informasi tentang pajak melalui layanan telepon.

via telepon

Semua pertanyaan Anda juga akan dijawab dengan baik oleh pihak operator termasuk tentang NPWP itu sendiri. Anda tak perlu khawatir tentang privasi percakapan karena kerahasiaannya sudah terjamin. Semua pertanyaan dan berbagai hal mengenai perbincangan Anda dengan operator pasti aman dari tindakan penyadapan.

Operator Kring Pajak merupakan karyawan tetap yang sudah ahli di bidang perpajakan karena itu soal validitas informasi yang dibutuhkan wajib pajak akan disampaikan secara lugas, jelas dan akurat.

Lantas bagaimana jika kartu NPWP hilang? Apakah bisa diurus secara online?

Jika Anda mengalami masalah NPWP yang hilang, Anda bisa membuatnya kembali. Namun prosedur pengurusannya tidak bisa dilakukan secara online. Satu – satunya cara yang Anda bisa lakukan untuk mendapatkan kartu NPWP kembali yaitu dengan Anda mendatangi kantor pelayanan pajak setempat.

Anda bisa segera meminta cetak kartu ulang jika sebelumnya sudah terdaftar. Petugas administrasi nantinya akan segera memberikan formulir yang Anda isi dengan melampirkan berbagai kelengkapan seperti fotocopy dan juga KTP. Kemudian soal biayanya, Anda tidak perlu biaya apapun karena pengurusan NPWP semuanya serba gratis. Jadi sudah tahu bukan bagaimana prosedur pengecekan NPWP dan pengurusannya? Semoga informasi diatas semakin menambah informasi dan pengetahuan kita.

2 comments

  1. CHANDRA HADI WIJAYA

    Selamat pagi, saya ingin mengecek Kartu pajak saya masih aktif atau tidak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *