Home / Kesehatan / Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Cepat dan Alami

Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Cepat dan Alami

Siapa yang memiliki masalah pada mata? Salah satu masalah pada mata yang kerap Kita alami adalah mata minus. Lantas bagaimana cara menyembuhkan mata minus secara cepat dan alami? Saat ini ada banyak cara dalam menyembuhkan gangguan tersebut yang bisa Anda lakukan tanpa perlu menempuh jalan operasi. Sebelumnya, ketahui juga informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan rabun jauh adalah salah satu masalah penglihatan yang cukup umum dialami. Kondisi ini berarti mata yang hanya bisa melihat dengan jelas saat objek yang dilihat berada pada jarak yang lebih dekat. Dengan begitu, seseorang dengan mata minus tidak bisa melihat dengan jelas objek yang jauh.

Kondisi mata minus terjadi akibat sinar cahaya yang ada menjadi bias sehingga gambar hanya bisa difokuskan pada depan retina, dan bukan tepat di retina. Pada kondisi mata minus juga menyebabkan kornea mata mengalami kelengkungan yang pendek dengan sumbu bola mata yang lebih panjang. Untuk itu sangat penting mengetahui cara menyembuhkan mata minus.

Apa Saja Penyebab Mata Minus?

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami mata minus. Beberapa ahli menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengalami masalah yang satu ini. Diantaranya:

Faktor genetic

Apabila salah satu dari orang tua Anda mengalami rabun jauh, maka kemungkinan besar Anda juga bisa mengalami mata minus. Terlebih jika kedua orang tua Anda sama-sama memiliki mata minus, maka semakin besar pula Anda mengalami mata minus.

Cara Menyembuhkan Mata Minus

Hingga saat ini faktor genetic merupakan faktor yang paling umum terjadi pada seseorang yang mengalami mata minus.

Kebiasaan membaca

Kebiasaan membaca memang bukan menjadi penyebab utama seseorang mengalami mata minus. Namun, kebiasaan membaca juga termasuk ke dalam penyebab seseorang mengalami mata minus. Bagi Anda yang memiliki gemar membaca, maka risiko mata minus akan jauh lebih besar dibandingkan orang yang jarang membaca.

kebiasaan membaca
Girl wearing eyeglasses with eyesight problems trying to read phone text at home

Terlebih lagi, jika Anda gemar membaca pada tempat atau lokasi yang redup dan minim cahaya. Tak hanya itu, jika Anda membaca dengan jarak yang terlalu dekat juga bisa menjadi penyebab mata Anda mengalami minus.

Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mata minus bisa diakibatkan karena jarangnya seseorang melakukan aktivitas di luar ruangan. Siapa sangka, jika hal ini bisa mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Pasalnya, tingkat cahaya yang ada dalam ruangan yang ada di luar tentu akan berbeda dengan tingkat cahaya yang ada di dalam ruangan.

Menggunakan mata dalam jarak yang dekat

Apabila Anda memiliki kebiasaan menggunakan mata dalam jarak yang dekat, seperti saat membaca, menulis, ataupun bermain gadget maka dapat disimpulkan bahwa Anda memiliki tingkat mata minus yang besar. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan mata untuk beraktivitas dengan jarak sekitar 40 cm dari objek atau benda yang ingin dilihat.

Kebiasaan bermain gadget dengan cahaya yang terang

Siapa yang tidak suka bermain gadget? Jika Anda memiliki kebiasaan bermain gadget dengan cahaya yang terang dan dalam tempat yang gelap, maka dapat memicu penglihatan Anda menjadi minus. Untuk itu ada baiknya Anda menghindari hal ini agar Anda tidak menderita mata minus.

Beberapa penyebab mata minus di atas tentu sudah bisa Anda ketahui. Mulai saat ini sayangi mata Anda dan hindari berbagai faktor yang dapat memicunya.

Apa Saja Ciri-ciri Mata Minus

Bagi Anda yang sudah terlanjur menderita mata minus, tentu memiliki beberapa ciri yang ditunjukkan pada mata. Ciri-ciri mata minus ini umumnya memiliki kesamaan pada setiap orangnya. Berikut beberapa ciri mata minus yang mungkin Anda alami:

Mata sering kelelahan

Ciri mata minus yang pertama ini umum terjadi pada seseorang. Mereka akan merasakan kelelahan pada mata tanpa disadari atau tidak. Adapun reaksi yang biasa dilakukan adalah dengan memejamkan mata beberapa saat atau memijat mata dengan perlahan. Namun terkadang hal ini juga dapat menimbulkan kepala menjadi pusing.

Pandangan menjadi kabur

Setiap penderita mata minus umumnya memiliki penglihatan yang kabur saat melihat benda atau objek dengan jarak yang jauh. Tak hanya itu, pandangan yang terjadi pada mata minus juga tidak jelas dan buram.

Sering menyipitkan mata

Seseorang dengan mata minus biasanya memiliki ciri-ciri sering menyipitkan matanya. Hal ini disebabkan dengan melakukan penyipitan mata pandangan seseorang kepada salah satu objek akan menjadi lebih jelas. Selain itu, ciri-ciri lain yang biasanya dialami adalah dengan menutup salah satu mata agar dapat melihat dengan lebih jelas.

Suka mendekatkan objek dengan mata

Seorang dengan mata minus umumnya sering mendekatkan objek yang dilihat dengan mata. Hal ini dilakukan karena mereka akan kesulitan melihat dengan jelas jika jarak pandang pada objek terlalu jauh. Hal ini pun terjadi seperti pada saat membaca, hingga menonton. Mereka akan cenderung mendekatkan mata kepada objek yang ingin dilihat.

Sering mengedipkan mata

Selain sering melakukan penyipitan pada mata, seseorang dengan mata minus juga sering mengedipkan mata mereka. Pasalnya, disadari atau tidak mereka akan berkedip secara berlebihan untuk dapat melihat objek agar menjadi lebih jelas.

Menggosok mata terus menerus

Ciri mata minus selanjutnya adalah terus menerus menggosok mata dengan tangan. Umumnya, hal ini dilakukan pada mereka yang menderita mata minus. Sayangnya, hal ini hanya akan menyebabkan mata menjadi lebih parah yakni akan membuat mata menjadi berair dan memerah.

Tidak menyadari benda yang jauh

Orang-orang yang mengalami mata minus umumnya akan jauh lebih sulit dalam menyadari benda yang jauh keberadaannya. Untuk itulah mengapa mereka melakukan pendekatan diri pada objek yang ingin dilihat agar bisa melihatnya dengan lebih jelas.

Sulit melihat saat mengendarai kendaraan

Saat berkendara, seseorang yang mengalami mata minus perlu waspada. Hal ini karena mereka akan kesulitan dalam melihat objek-objek saat mengendarai kendaraannya. Terlebih jika berkendara dilakukan pada malam hari, bisa saja hal ini cukup membahayakan keselamatan orang tersebut atau bahkan orang lain yang berada di jalan.

Beberapa ciri-ciri mata minus di atas perlu segera Anda atasi. Anda bisa menyembuhkannya dengan mengetahui seperti apa cara mengatasi mata minus. Di bawah ini merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan.

Memilih Model Kacamata Minus

Kacamata merupakan salah satu pengobatan alternatif yang bisa Anda gunakan saat menderita mata minus. Tentu saja memilih kacamata minus tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah memastikan bahwa Anda memilih kacamata dengan model yang sesuai dengan bentuk wajah.

cara menyembuhkan mata minus

Di bawah ini merupakan beberapa kacamata yang pemilihannya disesuaikan dengan model bentuk wajah.

Wajah oval

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah oval, memilih kacamata dengan model apa saja mungkin sangat cocok digunakan. Anda bisa memilih model kacamata oversized round, persegi dengan lengkungan seperti model wayfarer, ataupun kacamata model cat eye.

Wajah bulat

Model kacamata persegi pada wajah bulat ini bisa Anda hindari. Tak hanya itu, jika Anda memiliki wajah yang bulat maka Anda juga perlu menghindari kacamata dengan model bulan dan melengkung. Hal ini dilakukan agar wajah Anda tidak semakin bulat.

Wajah lonjong

Anda bisa memilih model kacamata dengan frame yang tebal ataupun frame oversized.

Selain menggunakan kaca mata minus, Anda juga bisa mengatasinya dengan mencoba cara alami seperti memanfaatkan daun kelor untuk mata. Di bawah ini penjelasannya!

Cara Mengatasi Mata Minus dengan Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Seperti yang Kita ketahui, ada banyak manfaat daun kelor yang ditemui oleh para peneliti salah satunya untuk kesehatan mata. Obat mata minus yang alami ini bisa Anda manfaatkan dengan mudah dirumah. Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai obat mata minus dalam membantu mempertajam penglihatan.

manfaat daun kelor

Anda bisa mengonsumsi daun kelor dengan teratur sehingga penglihatan akan lebih baik dan juga jernih. Daun kelor sendiri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Yakni lebih banyak 7 kali lipat jika dibandingkan dengan buah jeruk. Adanya kandungan vitamin C tersebutlah yang membantu kesehatan mata secara menyeluruh, termasuk dalam mengobati mata minus.

Vitamin C yang ada pada daun kelor ini kaya akan antioksidan alami yang bisa bermanfaat dalam melawan radikal bebas. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada pada daun ini juga bisa memperbaiki sel yang rusak. Dengan begitu, dapat membantu mendukung pemulihan dari fungsi mata.

Vitamin untuk Mata Minus

Selain menggunakan daun kelor, untuk membantu mata mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa juga mengkonsumsi vitamin. Berikut beberapa vitamin yang bisa Anda konsumsi:

Vitamin A

Kandungan yang ada pada vitamin A tentu sudah sangat umum digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi vitamin A yang cukup, maka Anda bisa terhindar dari mata kering. Adapun beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin A adalah telur, daging sapi, susu, hingga mentega.

Vitamin E

Vitamin yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga jaringan dan juga sel agar tetap terlindungi dan kuat dari adanya gangguan, seperti peradangan pada mata.

Vitamin D

Vitamin yang satu ini dapat mengurangi adanya risiko degenerasi makula. Anda bisa mendapatkan asupan makanan dengan vitamin D pada salmon, susu, maupun sarden.

Beberapa vitamin di atas sangat bermanfaat untuk mata dalam memelihara kesehatannya. Agar Anda lebih paham, maka ketahui juga bagaimana cara dalam menjaga kesehatan mata di bawah ini!

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang Kita ketahui, mata merupakan organ vital yang sangat penting keberadaannya. Untuk itu, wajib bagi Kita semua untuk senantiasa menjaga kesehatan mata agar terhindar dari risiko gangguan mata yang ada. Di bawah ini merupakan cara bagaimana menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan:

Rutin memeriksakan mata

Setiap orang, baik itu anak-anak sampai mereka yang sudah berada dalam usia lanjut sangat dianjurkan untuk memeriksakan mata pada dokter mata. Setidaknya, Anda bisa melakukan pemeriksaan selama 2 tahun sekali untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mata.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan pada mata tentu akan memudahkan Kita dalam mendeteksi sejak dini apa saja penyakit dan gangguan mata yang mungkin dialami.

Mengonsumsi makanan bergizi

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menangkal masalah mata yang terkait dengan usia. Seperti mata katarak ataupun degenerasi makula. Beberapa makanan tersebut adalah yang mengandung vitamin A, C dan E, kemudian zin, asam lemak omega 3, selenium, hingga lutein.

Anda bisa mendapatkan makanan bergizi tersebut pada ikan tuna, salmon, kacang-kacangan, telur, sayuran berdaun hijau, hingga buah jeruk.

Jangan terlalu lama dalam menatap layar elektronik

Menatap layar elektronik, baik itu melalui komputer maupun smartphone dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Gejala umum yang biasa ditimbulkan adalah nyeri leher, sakit kepala, mata kering dan tegang, pandangan yang menjadi kabur, hingga sulit fokus menatap kejauhan.

cara menyembuhkan mata minus

Namun, bagaimana jika pekerjaan Kita menuntut untuk senantiasa memandang layar elektronik? Anda bisa mengalihkan pandangan setiap 20 menit dengan pandangan sejauh 6 meter selama 20 detik. Anda bisa juga mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

Rajin olahraga

Penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga dapat mengurangi risiko penglihatan. Yakni akibat beberapa penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, ataupun tekanan darah tinggi.

Cara di atas merupakan cara yang paling umum yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan mata yang benar-benar sehat. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa makan makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti di bawah ini!

Mengobati Mata Minus dengan Makan Makanan untuk Kesehatan Mata

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengobati mata minus dengan makan makanan yang dapat memberikan kesehatan pada mata. Diantara makanan tersebut seperti:

Sayuran hijau

Apabila Anda memiliki masalah dengan penglihatan maka dapat disimpulkan bahwa Anda kurang mengkonsumsi sayuran hijau. Padahal, kandungan nutrisi yang ada pada sayuran hijau dapat membantu memelihara kesehatan mata.

Seperti kandungan vitamin A yang dapat membantu membentuk retina serta mencegah mata menjadi kering. Anda bisa mendapatkannya melalui beberapa sayuran, seperti selada dan seledri.

Buah melon

Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi buah yang memiliki daging berwarna kekuningan ini. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A sehingga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan penglihatan.

Makanan yang kaya akan vitamin C

Tak hanya vitamin A saja, makanan dengan vitamin C yang cukup juga bisa Anda konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Misalnya seperti buah jeruk. Buah jeruk memiliki sifat antioksidan yang bisa mencegah menurunnya kemampuan penglihatan akibat usia yang semakin bertambah ataupun akibat radikal bebas.

Wortel

Siapa yang belum mengenal wortel? Sayuran yang satu ini memang terkenal akan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan pada mata. Hal ini karena kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B1, beta karoten, hingga mineral.

Hati

Organ yang bisa Anda dapatkan pada hewan ini ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Dalam hati terdapat beberapa kandungan penting untuk mata, seperti omega 3, hingga asam lemak yang bisa membantu memelihara kesehatan mata.

Dengan beberapa informasi seputar mata minus di atas, tentu akan menjadi langkah awal Anda dalam menjalani hidup sehat yang lebih baik. Untuk itu, senantiasalah merawat dan menjaga kesehatan mata sebaik mungkin agar tidak terjadi masalah pada mata yang cukup mengganggu.

Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas serta mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan.

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *