Home / Blog / Cara Membuat Bakso Enak yang Perlu Diketahui

Cara Membuat Bakso Enak yang Perlu Diketahui

Cara Membuat Bakso Enak yang Perlu Diketahui. Anda bisa menggunakan daging giling atau campuran daging giling yang Anda suka. Favorit pribadi saya adalah campuran daging sapi dan babi. Saya juga telah melakukan hanya daging sapi giling dan hanya daging babi. Daging domba, kalkun, ayam, sapi muda, atau kerbau juga merupakan permainan yang adil.

Cara Membuat Bakso Enak yang Perlu Diketahui-www.surabayafrozenfood.com

Ingatlah bahwa semakin gemuk daging yang Anda gunakan, semakin empuk bakso enak Anda, dan sebaliknya jika Anda menggunakan daging yang lebih ramping. Jika Anda ingin membuat bakso dengan kalkun, ayam, atau daging tanpa lemak (atau campuran dari ini), perhatikan memasak sedikit lebih hati-hati; karena mereka kekurangan lemak, mereka bisa matang dan menjadi lebih tangguh lebih cepat.

Breadcrumb & Milk Binder

Satu trik untuk memastikan bakso benar-benar empuk setelah dimasak adalah dengan menggunakan binder. Di sini, kita merendam remah roti dalam sedikit susu sampai roti menjadi lembek, lalu mencampurnya ke dalam daging. Pengikat ini (alias panade ) membantu menambah kelembapan pada bakso dan juga mencegah protein daging menyusut dan menjadi keras. (Telur juga berkontribusi pada kelembutan, jadi jangan lewati!

Jika Anda tidak memiliki remah roti, Anda dapat menggunakan panko, sepotong roti yang sudah robek, atau bahkan biskuit asin yang remuk. Yoghurt kecil atau susu mentega yang diencerkan dengan air juga menjadi pengganti susu.

Hindari Berlebihan Daging

Trik lain untuk melunakkan bakso adalah tidak membuat daging terlalu keras – campur daging dengan bahan pengikat dan bahan-bahan lainnya sampai semuanya digabungkan. Saya juga merekomendasikan menggunakan tangan Anda untuk langkah ini; karena Anda benar-benar dapat merasakan ketika semuanya dicampur, Anda cenderung makan terlalu banyak daging.

Ini berkata, saya mengerti mengapa ide untuk menekan daging dengan jari-jari Anda mungkin sedikit membingungkan. Jika suka, Anda bisa menggunakan spatula atau sendok kaku sebagai gantinya.

Bagaimana Cara Membuat Bakso Enak yang Perlu Diketahui?

Memanggang vs Mendidihkan Bakso

Terakhir, kita harus berbicara tentang cara memasak bakso! Anda memiliki dua pilihan: memanggangnya atau membakarnya dalam saus.

Memanggang: Memanggang adalah pilihan terbaik jika Anda berencana menyajikan bakso dalam sesuatu selain saus atau jika Anda berencana untuk membekukan bakso untuk nanti. Memanggang juga memberi rasa bakso sedikit lebih banyak karena bagian luarnya terasa panas di oven. Anda bisa memanggang bakso di bawah ayam pedaging untuk mendapatkan efek kecoklatan dan renyah maksimal,atau Anda bisa memasaknya lebih lembut dengan memanggang dalam oven panas. Kedua opsi dijelaskan di bawah ini.

Mendidih: Jika Anda berencana menyajikan bakso dengan saus, Anda juga bisa memasak bakso tepat bersama saus. Tidak hanya mendidih lembut ini membuat beberapa bakso yang paling empuk dan beraroma yang pernah Anda miliki, tetapi sausnya juga menjadi lebih kaya dan lebih gurih dalam prosesnya.

Membekukan bakso mentah: Siapkan bakso melalui Langkah 5. Atur dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan sampai padat. Pindahkan bakso ke wadah freezer atau tas freezer, dan bekukan hingga 1 bulan. Bakso bisa dibekukan lebih lama, tetapi cenderung berkembang menjadi freezer terbakar. Cairan bakso di lemari es semalam sebelum dimasak.

Beku bakso yang dimasak: Biarkan bakso yang dimasak dingin sepenuhnya, kemudian atur dalam satu lapisan di atas loyang dan bekukan sampai padat. Transfer ke wadah atau tas freezer dan bekukan hingga 2 bulan. Bakso beku bisa dicairkan semalaman di lemari es atau dipanaskan ulang langsung dari freezer. Panaskan kembali bakso enak dalam saus mendidih selama 10 hingga 15 menit atau dalam oven hangat selama 10 hingga 15 menit.

About johan

Check Also

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan!

Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan! Jika Anda bertanya-tanya, tomat secara teknis adalah buah, karena mengandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *