Home / Kesehatan / Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Perlu Ke Gym, Mudah dan Murah!

Cara Membentuk Otot Dada Tanpa Perlu Ke Gym, Mudah dan Murah!

Bagi kebanyakan pria, latihan kebugaran otot dada merupakan hal yang penting. Karena dada yang bidang serta memiliki otot yang kencang seperti sebuah kebanggaan bagi seorang pria. Bagi Anda yang ingin membentuk otot namun terhalang oleh pandemi sehingga tidak dapat keluar rumah, terdapat solusi dan berbagai cara membentuk otot dada Anda.

Pada umumnya latihan otot dada hanya berpusat pada tiga gerakan, seperti bench press lengkap di posisi datar, miring dan turun. Padahal terdapat begitu banyak latihan dada yang perlu dicoba sehingga latihan pembentukan otot dada tidak menjadi membosankan. Dengan kata lain, Anda perlu memperluas daftar latihan pembentukan otot dada Anda.

Melakukan latihan kebugaran yang bervariasi seperti mengangkat beban dapat menghasilkan dada yang lebih besar dan lebih kuat sehingga hal ini menyebabkan bertambahnya beban yang Anda angkat. Hal ini bukan selalu tentang kekuatan, namun berkonsentrasi pada latihan kebugaran dan latihan otot dada juga akan mendorong dan membantu membuat postur yang lebih baik, seraya membuat Anda terlihat lebih tinggi dengan menambahkan ketinggian pada dinding dada Anda.

Namun kegiatan atau latihan seperti bench press biasanya dilakukan di tempat kebugaran umum seperti studio Gym karena memerlukan beberapa peralatan. Cara membentuk otot dada ini bervariasi, sehingga Anda dapat melakukan latihan tersebut di rumah. Berikut merupakan latihan kebugaran yang dapat anda lakukan di rumah untuk membentuk otot dada.

5 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah

1. Push Up

Olahraga yang tepat untuk membentuk otot dada adalah Push Up. Selain dapat membentuk otot Anda, push up juga dapat melatih dan membentuk otot lainnya seperti otot lengan dan bahu.

Cara Membentuk Otot Dada

Push up merupakan olahraga yang mudah dilakukan, namun Anda harus melakukan dengan sikap push up yang benar. Ketika melakukan push up, pastikan posisi garis lurus di tubuh Anda mulai dari kepala, bahu, punggung dan juga kaki.

2. Weighted Push Up

Latihan kebugaran ini merupakan variasi atau jenis lain dari push up. Perbedaan weighted push up dengan push up biasa adalah menambahkan beban pada di atas punggung. Gerakan ini merupakan salah satu cara membentuk otot yang muda karena Anda hanya perlu meletakkan sebuah beban saat Anda pada posisi push up. Namun tentunya, Anda perlu meminta bantuan seseorang untuk meletakkan beban tersebut.

cara membentuk otot dada

Langkah pertama untuk melakukan Weights push up adalah posisikan tubuh Anda dalam sikap awal posisi push up biasa. Lalu letakkan beban pada punggung Anda, selanjutnya turunkan badan Anda namunpastikan agar tubuh anda tidak menyentuh lantai. Tahan beban tersebut dalam posisi di bawah dalam beberapa saat. Kemudian dorong tubuh Anda kembali ke atas, selanjutnya lakukan gerakan tersebut beberapa kali.

3. Plyometric Push Up

cara membentuk otot dada

Gerakan Plyometric Push Up memiliki gerakan dasar dengan push up pada umumnya. Yang membuat berbeda adalah gerakan plyometric ini memerlukan sedikit dorongan melompat menggunakan tangan di setiap gerakan push up yang dilakukan. Selain dapat membentuk otot dada, gerakan plyometric push up ini dapat membentuk otot lengan, otot perut dan bahkan otot paha.

4. Rotation Push Up

Gerakan push up yang satu ini merupakan cara membentuk otot dada dengan efektif. Perbedaannya dengan push up pada umumnya adalah gerakan tangan naik dan turun secara bergantian. Untuk memulai gerakan rotation push up ini, pertama posisikan tubuh Anda dengan sikap push up pada umumnya.

cara membentuk otot dada

Kemudian turunkan tubuh Anda lalu naikkan tubuh Anda ke posisi semula. Lalu setelah itu angkat tangan ke atas hingga membuat tubuh Anda menyamping, sertakan dengan gerakan kepala yang mengikuti arah tangan Anda. Tahan sesaat sebelum anda kembali ke posisi awal push up.

5.  Plank

Posisi sikap dari latihan ini mirip dengan push up, namun dalam melakukan Plank Anda tidak perlu menggerakkan tubuh ke atas dan ke bawah. Dengan kata lain, Anda harus menahan pose tersebut selama beberapa saat.

cara membentuk otot dada

Plank merupakan latihan yang memperkuat bagian inti tubuh termasuk otot dada. Selain itu, dengan melakukan Plan dinilai mampu membentuk otot dada yang mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan saat Anda sedang melakukan Plan, maka otot pada sekitar dada akan bekerja lebih keras untuk menahan beban tubuh Anda.

3 Kesalahan Dalam Membentuk Otot Dada

Jika Anda berpikir cara membentuk otot dada dengan melatih otot-otot dada Anda 4x dalam seminggu dengan menggunakan menu latihan rutinitas pro binaragawan, maka hal tersebut adalah sebuah kesalahan karena Anda membuang-buang waktu Anda. Terlebih jika Anda memiliki tubuh yang kurus.

1. Latihan Isolasi

Anda tidak bisa membuat otot dada Anda stres dengan beban berat seperti alat dumbbell saat melakukan latihan. Jika otot Anda stres, maka Anda tidak akan memicu pelepasan Testosteron & Hormon Pertumbuhan seperti halnya dengan senyawa.

2. Makan seperti merpati

Hal ini dimaksudkan karena Anda makan dengan jumlah yang sedikit. Anda tidak akan mendapatkan otot dada yang besar jika Anda memiliki tinggi tubuh di atas 180 cm dengan berat badan hanya sekitar 50 kg. Walaupun dengan menu latihan yang banyak, otot Anda tidak akan bertambah besar kecuali dengan menambah makan lebih banyak.

3. Mengisolasi dada Anda

Meskipun otot dada Anda memiliki dua otot utama, namun otot tersebut merupakan satu kesatuan yang berkontraksi secara keseluruhan. Anda tidak dapat mengisolasi dada bagian bawah atau bagian atas. Anda hanya bisa menekannya.

Check Also

Tips Membentuk Otot Lengan Lebih Besar dan Atletis

Memiliki otot dada yang besar, perut six-packs abs, serta otot lengan yang besar serta atletis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *