Home / Uncategorized / Cara Bentuk Tubuh dengan Push Up Diamonds

Cara Bentuk Tubuh dengan Push Up Diamonds

Jika Anda memiliki impian untuk membentuk tubuh bagian atas agar lebih besar maka Anda dapat melakukan beberapa latihan kebugaran. Beruntungnya, untuk mencapai impian tersebut Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan latihan di Gym. Workout atau latihan kebugaran untuk membentuk tubuh bagian atas agar lebih besar dapat dilakukan dengan Push Up Diamonds.

Apa itu Push Up Diamonds?

Push Up Diamonds adalah latihan gabungan yang melatih dada, otot inti, punggung, bahu, otot trisep sampai paha depan dan otot gluteus. Latihan ini dilakukan dengan cara menempatkan kaki dan tangan di lantai namun tangan kiri dan kanan Anda harus saling menyentuh.

Selain itu punggung Anda harus lurus lalu gunakan otot dada dan otot lengan Anda untuk menaik dan turunkan berat tubuh Anda dari lantai. Jika Anda merasa asing mendengar nama Push Up Diamonds mungkin Anda pernah mendengar nama lain dari latihan kebugaran ini, nama lainnya adalah Triangle Push Up, Diamond Kiss Push up dan Diamond Press Up.

push up diamond

Perbedaan Push Up Diamonds dengan Push Up Biasa

Terdapat satu perbedaan utama antara diamond dan push up biasa. Pada push up biasa, tangan ditempatkan saling berjauhan sampai di luar bahu dan sikap ini yang membuatnya menjadi salah satu variasi push up terbaik untuk membentuk massa dada.

Untuk diamond push up, tangan ditempatkan saling dekat satu sama lain. Jari telunjuk dan ibu jari Anda membentuk sebuah diamond atau bentuk segitiga. Hal ini memindahkan fokus dari otot-otot dada ke otot trisep Anda.  

Meskipun memiliki perbedaan yang sangat mencolok, kedua tipe push up ini memiliki dasar yang sama yaitu tangan rata menempel pada lantai, kaki menjulur di belakang Anda dan tubuh dalam posisi garis lurus dari bahu sampai lutut.

Bagaimana Push Up Diamonds Bekerja pada Otot

Otot utama yang dikerjakan push up diamonds meliputi otot dada atau pectoralis major salah satu otot tebal dan berbentuk seperti kipas yang berada di anterior dari dinding dada, otot trisep, bahu dan punggung. Otot-otot tersebut merupakan otot umum yang mendapatkan efek dari hasil workout dengan push up diamonds, pada jenis push up yang lainnya akan menekankan kelompok otot yang berbeda.

Push Up Diamonds menargetkan otot trisep terlebih dahulu. Otot trisep adalah otot yang membentang di sepanjang bagian belakang lengan Anda, dan otot ini bekerja dengan otot bisep untuk membantu Anda mengulur dan menarik lengan Anda. Selain itu, otot dada atau pectoralis mayor dan otot bahu merupakan prioritas kedua setelah otot trisep. Kedua otot ini juga mendapatkan manfaat besar dari latihan kebugaran push up diamonds ini.

Manfaat Push Up Diamonds

Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda menambahkan Push Up Diamonds pada latihan kebugaran rutin Anda. Berikut manfaat dan benefitnya:

  • Latihan Triceps Paling Efektif

Sebuah penelitian dari American Council on Exercise (ACE) menemukan fakta bahwa latihan tricep paling efektif adalah push up diamonds, latihan ini lebih baik daripada latihan tricep kickbacks. Hal ini dikarenakan push up diamonds akan meningkatkan aktivasi trisep Anda.

Walaupun begitu, push up diamonds sering dikomparasikan dengan latihan Dipl karena memiliki fungsi yang sama untuk membentuk otot trisep dan otot dada. namun manakah yang lebih baik? Latihan Dips bekerja untuk melatih otot seperti gerakan menekan secara vertikal. Karena hal ini, Anda harus memiliki bahu yang lebih sehat untuk melakukan latihan ini. Sedangkan Push Up Diamonds hanya sedikit memberi tekanan pada bahu dan lebih banyak aktivasi pada otot trisep. Inilah sebabnya mengapa push up diamonds lebih disukai daripada latihan Dips.

  • Bagus untuk pembentukan dada

Berbeda dengan berita yang menyebar, penelitian mengatakan bahwa dada juga mendapatkan hasil dari latihan kebugaran push up diamonds ini. Di mana posisi tangan Anda yang sempit memberikan tekanan pada otot minor dan otot mayor,

  1. Bagus untuk bahu

Bahu yang lebih kuat juga merupakan manfaat dari push up diamonds karena mereka memberikan tekanan lebih pada sendi bahu dibandingkan dengan push up tradisional, dan itu akan menantang deltoid anterior Anda dan mempersiapkannya untuk variasi push up lainnya.

  1. Memungkinkan perkembangan lebih cepat

Jika Anda ingin melakukan push up dengan satu lengan, maka kuncinya adalah dengan melakukan push up diamonds dengan sempurna. Sebelum sampai pada tahap itu, Anda harus memulainya dengan push up tradisional dengan sempurna. Jika Anda mampu melakukan 20 push up dengan posisi sempurna, selanjutnya Anda harus melakukan push up diamonds sebelum akhirnya dapat melakukan push up dengan satu lengan saja.

Cara Melakukan Push Up Diamonds Untuk Pemula

Push Up Diamonds bahkan merupakan salah satu latihan yang sulit bagi seorang ahli, Anda dapat melatih push up ini secara perlahan-lahan. Simak cara push up diamonds berikut:

  1. Pertama, lakukan posisi Plank dengan tangan Anda menyentuh tepat di bawah tangan Anda.
  2. Kemudian satukan ibu jari dan telunjuk Anda hingga menyentuh satu sama lain dan membentuk segitiga atau diamond.
  3. Lepaskan ikatan siku dan kunci trisep untuk membentuk garis diagonal lurus dari kaki ke kepala.
  4. Jaga siku Anda tetap pada tulang rusuk dan perut bagian atas.
  5. Turunkan kembali tubuh bagian Atas Anda ke lantai, agar stabil gunakan obat perut Anda ketika melakukannya.
  6. Tepat sebelum dada Anda mencapai lantai, tekan tubuh Anda kembali ke posisi awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *