Home / Makanan / Resep Masakan / Bagaimana Tips Membuat Sop Buntut Rendah Lemak dan Empuk?

Bagaimana Tips Membuat Sop Buntut Rendah Lemak dan Empuk?

Bagaimana Tips Membuat Sop Buntut Rendah Lemak dan Empuk?. Pada seluruh bagian tubuh sapi dapat di jadikan makanan termasuk buntut. Buntut sapi merupakan bagian yang ternyata memiliki gizi dan protein tinggi yang baik untuk kesehatan, dalam penelitian. Disetiap 100 gram buntut sapi mengandung sedikitnya 3,6 Mg dan 30,93 Protein. Namun dibalik itu juga kandungan lemak pada buntut sapi juga terbilang cukup tinggi, yaitu dalam 100 gram buntut sapi mengandung 141 Ng kolesterol dan 14,34 lemak.

Sop Buntut
Sop Buntut

Di Indonesia orang mengolah buntut sapi menjadi masakan yang lezat, salah satunya iyalah Sop Buntut. Namun dalam mengolah buntut ini harus di lakukan oleh orang yang memang professional. Karena kandugan lemak pada buntut cukup tinggi dan jika salah dalam memasaknya maka daging yang di hasilkan akan menjadi alot dan keras sehingga menjadikan masakan tidak enak. Maka dari itu pada ulasan kali ini akan di bahas bagaimana menjadikan sop buntut menjadi empukmdan rendah lemak, berikut tipsnya.

Berikut Tips membuat sop buntut rendah lemak dan daging empuk:

Membuat Sop Rendah Lemak:

Membuang Lemak dengan Cara Bibekukan

Agar sop rendah lemak, Anda cukup membuang lemak yang tedapat pada sop. Salah satu cara yang paling efektif ialah dengan cara mendinginkan sop di dalam lemari pendingin hingga lemak yang terdapat dalam sop mengambang di permukaan. Biasanya untuk membuat lemak yang terdapat dalam sop mengambang membutuhkan waktu sekitar satu malam, setelah lemak berkumpul di permukaan. Anda akan dapat mengangkat lemak dengan mudah hingga bersih, dan Anda dapat menikmati sop buntut rendah lemak tanpa hawatir kolesterol.

Bagaimana Cara Menjadikan Daging Sop Buntut Empuk?

Membuang Lemak dengan Es Batu

Selain mendinginkan hingga beku Anda juga dapat mengangkat lemak pada sop dengan cara menggunakan Es batu. Es dapat mengangkat lemak dengan cara memanfaatkan sendok kuah berbahan metal atau besi yang di dalamnya di letakkan Es batu. Selanjutnya bagian bawah sendok kuah dicelupkan hingga separuh, pastikan kuah tidak masuk dalam sendok dan angkat. Maka Anda akan mendapatkan lemak yang terdapat dalam sop terangkat dan menempel pada sendok kuah. Bersihkan lemak dan terus lakukan teknik ini hingga lemak benar-benar habis.

Memilih Buntut Sapi yang Baik

Selain cara pertama untuk menjadikan sop rendah lemak ialah memilih buntut sapi yang tidak besar. Pilih lah sapi ukuran kecil atau sedang, karena buntut sapi dengan ukuran besar biasanya akan terdapat terlalu banyak lemak. Anda juga dapat memilih buntut sapi dari sapi local dari pada impor, karena di banding sapi impor, sapi lokan lebih sedikit lemak namun lebih tebal daging.

Membuat Daging Empuk:

Menambahkan Getah Pepaya

Menambahkan getah papaya merupakan cara turun-temurun yang dilakukan untuk membuat daging empuk pada masakan, karena kandungan dalam getah papaya akan menjadikan daging menjadi empuk secara alami tanpa bahan kimia dan pastinya sehat, dan cara ini biasanya dipakai oleh para ibu-ibu pedesan yang memang memiliki resep ini dari orang-orang terdahulu.

Menggunakan Panci Tekanan

Cara berikutnya Anda dapat menggunakan panic bertekanan untuk menjadikan daging keras menjadi empuk dan lunak, di banding dengan menggunakan getah papaya, cara ini relative lebih singkat dan efektif menjadikan daging buntut menjadi empuk, lunak hingga ketulang, dan pastinya untuk menghindari penggunaan bahan kimia.

Tips membuat daging Sop Buntut rendah lemak dan menjadikan daging empuk di atas merupakan cara yang paling efektif dan sehat yang dapat Anda terapkan dirumah. Selamat mencoba!!

About contributor

Check Also

Masakan Khas Padang

Resep Rendang Sapi dari Minang Wajib Dicoba

Resep Rendang Sapi dari Minang Wajib Dicoba. Kuline yang berasal dari padang ini, memang merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *